Dirjen Dikti Tekankan Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pelayanan Publik

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi,  Kemendikbudristek RI Nizam (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi,  Kemendikbudristek RI Nizam  menekankan kepada jajarannya untuk memberlakukan penggunaan dalam memberikan pelayanan terhadap publik.

“Dalam memberlakukan zona integritas dan wilayah yang bersih dan melayani,  kita menekan pada penggunaan teknologi informasi jadi layanan kita alihkan pada layanan yang paperless, ketemu langsung transaksional kita hindari sejauh mungkin,” ujar Nizam seusai membuka Forum Konsultasi Publik Direktorat Sumber Daya di Jakarta, Rabu (14/9).

Layanan yang berbasis teknologi informasi, kata Nizam juga akan membuat pelayanan menjadi transparan.

“Kok ini yang satu lambat, yang satu cepat itu bisa diketahui para pengguna layanan, sehingga tidak ada anomali atau penyimpangan masyarakat bisa cepat menyampaikan ke Kementerian,”ujarnya.

Selain itu, penggunaan teknologi informasi untuk layanan transparansi ujungnya adalah peningkatan pelayanan prima bagi seluruh penerima layanan.

Setidaknya ada 10 layanan utama Direktorat Sumber Daya yang dilakukan, mulai dari urusan kenaikan pangkat dosen sampai dengan pengembangan kompetensi dosen, sarana dan prasarana.

Biasanya keluhan yang masuk dalam forum konsultasi publik adalah kaitannya dengan kenaikan pangkat para dosen. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.