Dirjen Pendis: GTK Perlu Buat Jurnal Guru

Bogor, MINA – Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin berpesan agar Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah membuat jurnal guru, Ahad (12/5), Bogor.

Kamaruddin mengatakan, jurnal tersebut diperlukan untuk menampung dan memfasilitasi karya tulis ilmiah guru madrasah.

Hal ini disampaikan, saat ia memberikan sambutan pada Proses Penilaian Angka Kredit (PAK) Guru Angkatan 3 – 4, demikian rilis Kemenag yang diterima MINA.

“Guru-guru agar di-encourage, didorong dan diberi ruang untuk menulis, dan saya yakin GTK (Direktorat GTK Madrasah) bisa memfasilitasi itu,” ucapnya.

Guru Besar Hadis UIN Alauddin Makassar ini menilai, guru madrasah memiliki potensi yang besar dalam penulisan karya ilmiah. Ini setidaknya bisa dilihat dari berkas yang saat ini tengah dinilai, banyak di antaranya berupa buku dan jurnal ilmiah.

“Kalau masih dianggap kurang produktif, bisa jadi karena kurang difasilitasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan usulan jurnal ini ke depan selain bisa menjadi sumbangsih ilmu pengetahuan juga bisa membantu guru untuk menambah angka kreditnya.

“Guru punya kewenangan menyampaikan ilmu, karena mereka punya otoritatif keilmuan dan pengalaman,” pungkasnya. (R/Gun/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)