Ditjen Diktiristek Promosikan Study in Indonesia di Pameran EURIE 2024 Turkiye

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menjadi salah satu peserta pameran Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024. Kegiatan yang berlangsung di İstanbul Lütfi Kırdar Uluslararası Kongre ve Sergi Sarayı, Turkiye ini berlangsung pada 27-29 Februari 2024 (foto: Dok Ditjen Diktiristek)

Istanbul, MINA – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen ) menjadi salah satu peserta pameran Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024. Kegiatan yang berlangsung di İstanbul Lütfi Kırdar Uluslararası Kongre ve Sergi Sarayı, Turkiye ini berlangsung pada 27-29 Februari 2024.

Ditjen Diktiristek sendiri membawa tema Study in Indonesia dalam pameran tersebut, dengan harapan banyak calon mahasiswa dari luar negeri yang tertarik berkuliah di Indonesia atau menarik perguruan tinggi luar negeri untuk membuka peluang bekerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia.

“Dengan tema tersebut, diharapkan kita dapat menyebarluaskan informasi mengenai bagaimana calon mahasiswa dari luar negeri berkuliah di Indonesia dari berbagai sisi, budaya, biaya hidup dan lainnya dengan membuka laman studyinindonesia.kemdikbud.go.id,” ujar ketua tim kerja sama dan humas Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana yang hadir sebagai salah satu delegasi dalam keterangan persnya, Jumat (1/3).

Ditjen Diktiristek pada pameran kali ini berkolaborasi bersama beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia. Beberapa perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Diponegoro, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Padang, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Tarumanegara, dan Insititut Pariwisata dan Bisnis Bali.

Eurie 2024 sendiri tidak hanya menghadirkan pameran perguruan tinggi dari berbagai negara, tapi juga konferensi yang mengangkat tema dari beragam bidang akademik yang dapat diikuti oleh perguruan tinggi Indonesia. Selain itu, perguruan tinggi Indonesia diberi kesempatan untuk melakukan kunjungan ke kampus di sekitar Istanbul untuk bertukar praktik baik tentang bagaimana berjalannya sistem akademik di masing-masing kampus.

Dilansir dari laman resminya, EURIE adalah titik pertemuan baru untuk pendidikan tinggi internasional yang menghubungkan belahan dunia lain dengan potensi besar kawasan Eurasia. KTT tahunan EURIE menampilkan pameran dan konferensi untuk memperluas pengetahuan, jejaring, dan peluang kolaborasi bagi para peserta.

Selama pameran tersebut Konsul Jenderal Republik Indonesia sebagai kepala perwakilan Indonesia di Istanbul (KJRI Istanbul) Darianto Harsono menyempatkan hadir berkunjung ke booth peserta dari Indonesia dan berdiskusi tentang upaya promosi program pendidikan tinggi Indonesia di wilayah Istanbul. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.