Insan Jurnalis dan Media Raih Penghargaan Anugerah Diktiristek 2023

Plt Dirjen Diktiristek Nizam saat memberikan sambutan di acara Anugerah Diktiristek 2023 di Jakarta, Rabu (13/12/2023) malam (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Sejumlah insan jurnalis dan media baik cetak maupun daring meraih penghargaan Anugerah Diktiristek 2023, yang diselenggarakan oleh Ditjen Pendidikan Tinggi , Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rabu (13/12) malam di Jakarta.

Terdapat setidaknya 500 pemenang dalam Anugerah Diktiristek 2023 kepada pemangku kepentingan dari perguruan tinggi, LLDikti, jurnalis, media, dan mitra (kementerian, lembaga, serta DUDI) yang telah meraih pencapaian tertinggi serta berkontribusi dalam mendukung implementasi transformasi pendidikan tinggi.

Dalam sambutannya, Plt Dirjen Diktiristek Nizam mengatakan, akselerasi pendidikan tinggi di Indonesia dalam empat tahun terakhir ini semakin maju berkat kerja sama antara kerja sama perguruan tinggi dengan mitranya seperti dunia usaha dunia industri (DUDI) dan jurnalis serta media.

Baca Juga:  Jamaah Haji Gunakan Smartcard untuk Akses Armuzna

Nizam menjelaskan, peran media di era post truth dan Revolusi 5.0 sangat penting dalam sinergi pentahelix di Indonesia. Hal ini karena media bagian dari pendidik masyarakat, pemberi informasi, dan juga sebagai kontrol kinerja pemerintah.

“Oleh karenanya kami memberikan penghargaan kepada rekan jurnalis dan media yang telah berkontribusi dan kerja sama erat dengan Kemendikbudristek khususnya Dirjen Diktiristek,” katanya.

Anugerah Diktiristek 2023 untuk kategori jurnalis dan media dibagi ke beberapa kelompok, mulai dari media terbaik hingga jurnalis terfavorit, berikut para pemenangnya:

Media cetak terbaik: Jawa Pos
Media daring terbaik: detikcom
Media elektronik terbaik: RRI

Jurnalis cetak terbaik:
Gold winner: Ester Lince Napitupulu (Kompas)
Silver Winner: Zalzilatul Hikmia (Jawa Pos)
Bronze Winner: Rini Suryati (Kedaulatan Rakyat)

Baca Juga:  Ada Empat Pintu Kedatangan Jamaah Haji Indonesia di Bandara Madinah

Jurnalis daring terbaik
Gold winner: Neneng Zubaidah (Sindonews.com)
Silver Winner: Dian Ihsan (Kompas.com)
Bronze Winner: Suranto (Infopublik)

Jurnalis Terfavorit
Muhammad Ashari (Pikiran Rakyat)
Ma’sumah Kurniawati (Menara62.com)
Ahmad Mutiul Alim (Jurnal.com)
Dian Warastuti (Waspada)
Muhammad Ma’rup (Koran Jakarta)

Penulis Artikel Terbaik
Gold Winner: Ronggo Astungkoro (Republika)
Silver Winner: Ilham Pratama Putra (Medcom.id)
Bronze Winner: Rini Hairani (RRI). (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf