DMI Salurkan Bantuan Korban Tsunami

Jakarta, MINA – Pimpinan Pusat Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) Dewan Masjid Indonesia () menyalurkan logistik berupa sandang dan pangan kepada para terdampak musibah akibat meletusnya gunung Anak Krakatau di Banten.

“Bantuan tersebut berasal dari remaja, pengurus, jamaah masjid dan masyarakat sekitar. Kegiatan ini diselenggarakan atas dukungan dan kerja sama dengan berbagai pihak,” Ketua Umum PP Prima DMI, Ahmad Arafat Aminullah, pada Sabtu (29/12).

Di antaranya kerjasama dengan Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA), Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF), Perhimpunan Remaja Islam Masjid (PRISMA), Lion Air dan Telkom Sigma.

Terdapat sejumlah lokasi yang menjadi tempat penyaluran bantuan dari Prima DMI. Lokasi tersebut ialah Pos Koordinasi (Posko) bantuan Prima DMI di Kampung Daya Mekar, Desa Karang Anyar, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, dan di Kantor Desa Banyuasin, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Tim Prima DMI Peduli dan rekan-rekan remaja masjid dari RICMA, Prisma, dan ISYEF juga melakukan ikhtiar penyembuhan trauma (trauma healing) bagi para pengungsi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cigeulis, Kampung Cemara, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Di lokasi ini, penulis melihat terdapat ratusan penduduk setempat. Mereka terpaksa mengungsi akibat kehilangan rumah pasca musibah tsunami Selat Sunda.

Usianya pun beragam, mulai dari balita, anak-anak, remaja, orang tua, hingga kakek-nenek. Prosesi trauma healing ini dipimpin langsung oleh Ketua Prima DMI Provinsi Banten, Efi Afifi, dan Anggota Departemen Hubungan Kemasyarakatan (Humas) PP Prima DMI, Jita Labieba.

Tim Peduli bencana juga memberikan sejumlah biskuit dan makanan ringan lainnya kepada para pengungsi yang ada di SMP Negeri 1 Cigeulis.

Anak-anak pun terlihat grmbira dengan pemberian ini. Para Orang tua juga ikut tersenyum dengan humor dan dialog-dialog ringan yang dilakukan tim trauma healing.

Lalu pada hari kedua, Ahad (30/12), Tim Peduli Bencana Prima DMI juga menyalurkan bantuan secara langsung kepada Posko Bantuan di RW 05, Kampung Lantera, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Tim ini juga melihat secara langsung besarnya dampak kerusakan akibat bencana tsunami di lokasi tersebut.

Lokasi lain yang juga mendapatkan bantuan berupa uang tunai dari remaja masjid ialah Posko Peduli Bencana Tsunami di RW 09, Kampung Daya Mekar, Desa Karang Anyar, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Kemudian Tim Prima DMI Peduli juga menyalurkan bantuan kepada jamaah di salah satu surau di Pantai Carita, Kampung Tancang, Desa Bulaken, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Berbagai macam barang yang telah dibagikan di empat titik bantuan itu meliputi baju dan celana layak pakai, biskuit, makanan ringan, beras, alat-alat perlengkapan sholat (sejadah, sarung, mukena, dan lain-lain), alat-alat kebersihan (sapu, pel, bulu ayam, dan lain-lain), susu untuk anak-anak, pampers untuk anak-anak dan dewasa, pakaian dalam untuk laki-laki dan perempuan (anak-anak dan dewasa), dan perlengkapan sekolah (buku, pulpen, pensil, dan lain lain). (R/R03/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.