DPR: Beasiswa Bidikmisi Jadikan Semua Punya Kesempatan Kuliah

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra mengatakan, hadirnya Beasiswa Bidikmisi dan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) sebagai upaya meningkatkan prestasi anak bangsa, diharapkan semua masyarakat punya kesempatan yang sama.

“Beasiswa Bidikmisi membuat kuliah di perguruan tinggi bukan lagi milik orang mampu, tetapi telah menjadi milik semua orang yang punya cita-cita,” kata Sutan, dalam rilis yang diterima Parlementaria, Senin (1/4).

Ia menambahkan, dengan hadirnya berbagai beasiswa pendidikan itu, anak-anak Indonesia mempunyai peluang untuk menjadi orang yang berguna dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi.

Menurutnya, kepedulian semua pihak dalam menunjang pendidikan menjadi kata kunci meningkatkan kualitas pendidikan di semua daerah, tanpa terkecuali.

“Oleh karena itu, saya harap anak-anak walaupun tinggal di daerah pedalaman, pinggiran dan tertinggal, jangan kalah dengan anak kota,” pesannya.

Diketahui, tahun 2019 ini pemerintah meningkatkan anggaran Beasiswa Bidikmisi, sehingga penerimanya mencapai 130 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia.

Kuota ini meningkat 50 persen dari tahun 2018, sebanyak 85 ribu mahasiswa. Sementara Beasiswa PIP pada tahun 2018 telah digelontorkan kepada 18,7 juta peserta didik yang terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMA/SMK. (R/R10/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)