Dr. Chalidin Ajak Umat Islam Tulis Sejarah Islam

Penulis Buku “ Penemu Benua Australia” Yacob, MA., JP., (Foto: Hadis/MINA)

Bogor, 22 Sya’ban 1438/19 Mei 2017 (MINA) – Penulis buku “Muslim Melayu Penemu Benua Australia : Potret Muslim Indonesia di Benua Kangguru” ,Dr. Chalidin Yacob MA, JP, mengajak seluruh umat Islam untuk banyak menulis sejarah Islam.

“Hampir seluruh wilayah di dunia ini sudah disinggahi oleh pelaut-pelaut Muslim jauh sebelum kedatangan orang kulit putih. Lalu kenapa tidak begitu terkenal? Karena tidak ada yang menulis sejarah itu,” kata Dr. Chalidin di Masjid At-Taqwa, Jum’at (19/5).

Berbicara di depan ratusan tokoh Jamaah Muslimin (Hizbullah) untuk mengisi rangkaian acara Talim Pusat Jamaah Muslimin (Hizbullah), Dr. Chalidin mengatakan bahwa menulis sejarah akan mampu mengungkap tabir yang selama ini tidak dibuka.

“Penemu Benua Australia misalnya, di mana yang kita tahu adalah James Cook. Tapi ternyata, jauh sebelum itu, muslim Melayu sudah menetap di Australia,” ujarnya.

Dr. Chalidin mengungkapkan bahwa ketika muslim datang ke Australia, tidak ada satupun pertumpahan darah. Muslim, kata Dr. Chalidin, datang ke Australia adalah untuk berburu teripang dan berniaga.

“Kondisi ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang kulit putih, mereka melakukan kekeran, mereka menumpahkan darah ketika mendarat di suatu pulau,” katanya.

Dr. Chalidin menjelaskan bahwa dari dua perbedaan itu, bisa diketahui dari respon masyarakat Australia sendiri. Menurut Dr. Chalidin, warga asli Australia lebih percaya kepada muslim ketimbang orang kulit putih.

Untuk itu, Dr. Chalidin mengajak umat Islam untuk terus menggali sejarah-sejarah penemuan muslim sebagai bentuk perlawanan terhadap klaim Barat.

Rencananya, buku “Muslim Melayu Penemu Australia: Potret Muslim Indonesia di Benua Kangguru” yang diterbitkan oleh dari karya ilmiah yang dipertahankan penulis dalam bidang pendidikan dan pemikiran Islam untuk meraih doktor di Universitas Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia pada 2009 lalu juga akan diterbitkan dalam bahasa Inggris.

Selain menerbitkan buku tentang penemuan benua Australia, MINA Publishing House juga akan menerbitkan buku yang lainnya, yaitu Biografi Imaamul Muslimin Muhyiddin Hamidy yang akan dilaunching pada acara Talim Pusat Jamaah Muslimin (Hizbullah). (L/R06/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.