Dr Hayu Prabowo: Tahun Baru Momentum terhadap Kepedulian Lingkungan

Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia (LPLH & SDA MUI) Dr. Hayu S. Prabowo.(Foto: Doc. MINA)

Jakarta, MINA – Ketua Lembaga Pemuliaan dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama (LPLH & SDA ) Dr. Hayu S. Prabowo berharap Tahun Baru Islam 1445 H menjadi momentum bagi masyarakat untuk semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan dan berupaya menjadi garda terdepan dalam merawat ciptaan-Nya.

“Selamat tahun baru 1445 Hijriyah, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberkahi langkah-langkah kita dalam menjaga alam dan bumi yang kita cintai,” kata Hayu dalam keterangan tertulisnya diterima MINA, Selasa (18/7).

Menururnya, saat ini, dunia sedang menghadapi fenomena El Niño yang berdampak signifikan pada peningkatan suhu bumi.

El Niño, suatu peristiwa alamiah yang terjadi secara periodik, telah menyebabkan suhu udara dan permukaan laut meningkat di seluruh dunia. Dampaknya meliputi kekeringan yang parah, perubahan pola cuaca yang ekstrem, dan kerusakan ekosistem yang luas.

Baca Juga:  Dijegal Irak, Timnas Indonesia U-23 Masih Berpeluang Ikut Olimpiade di Paris

“Peningkatan suhu bumi dan efek El Niño ini menjadi perhatian serius bagi umat manusia. Dampaknya dirasakan oleh kita semua, terutama oleh masyarakat yang rentan seperti petani, nelayan, dan komunitas pesisir. Kekeringan yang terjadi dapat mengancam ketahanan pangan, kebutuhan air, dan kesejahteraan umum,” ungkap Hayu.

Sebagai umat Muslim, lanjut dia, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga alam semesta yang Allah ciptakan.

“Allah memberikan amanah kepada kita untuk menjadi khalifah di bumi ini, yang berarti kita bertanggung jawab untuk melindungi dan menjaga lingkungan hidup. Muharram, sebagai awal tahun Hijriyah, menjadi momen penting untuk merenungkan peran kita dalam mengatasi tantangan lingkungan ini,” ujar Hayu.

Baca Juga:  Pj Gubernur Babel Dukung Ijtima Ulama se-Indonesia ke-VIII

Dia berpesan, sebagai bagian dari peradaban yang berakar pada nilai-nilai agama, marilah kita bersama-sama mengambil langkah-langkah nyata untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Mulai dari menghemat energi, mengurangi penggunaan plastik, mendukung penghijauan, hingga menjadi agen perubahan dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.

“Kita semua memiliki peran penting dalam menjaga bumi sebagai amanah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mari kita jaga dan rawat lingkungan ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada-Nya atas segala karunia yang telah diberikan,” tambah Hayu.(L/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.