DR. Syarif Hidayatullah: Akhlak Tentukan Masa Depan Manusia di Zaman 4.0

Bandar Lampung, MINA – Karakter sangat menentukan masa depan manusia di zaman industri 4.0., demikian Dosen Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Moch. Syarif Hidayatullah, Lc.M.Hum, dalam Kuliah Umum pada Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung, Selasa, (24/9).

Ia menyatakan, karakter merupakan sesuatu yang membedakan antara seseorang dengan yang lain.

“Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang ada pada seseorang,” ungkapnya.

“Sekarang, karakter kalah dengan yang namanya ilmu,” imbuhnya.

Maka, di zaman industri 4.0 merupakan zaman yang dapat membuat generasi-generasi muda menentukan masa depannya dengan bijak.

“Mengapa karakter ini bisa menentukan masa depan kita?,” tanyanya kepada puluhan mahasiswa Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung.

Di zaman ini adalah zaman di mana nilai tidak selalu menjadi patokan seseorang untuk sukses.

“Kalau kita punya banyak ilmu tetapi tidak punya karakter, maka dibuang kita, maka karakter merupakan sesuatu yang wajib dimiliki seseorang sebelum ilmu,” lanjutnya.

“Kedudukan ilmu berada di bawah karakter, maka karakter harus dibentuk dari sejak dini,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, di era 4.0 ini banyak perusahaan-perusahaan yang lebih dahulu melihat karakter atau akhlaknya dalam menerima karyawan.

Akhlak merupakan sesuatu yang menjadi dasar penilaian seseorang melalui pandangannya.

“Ketika kita berakhlak baik kepada seseorang, maka timbal baliknya akan berbuah positif, begitupun sebaliknya,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga berpesan kepada Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Adab untuk berperan aktif dalam perkembangan IT.

“Ikutilah dan manfaatkan sebaik mungkin perkembangan zaman ini, Karena ini juga merupakan salah satu pendukung kesuksesan kita di masa depan,” pesannya.

Kuliah Umum yang bertema, “Peluang dan Tantangan di Industri 4.0” ini merupakan Kuliah Umum perdana bagi Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung.

Fakultas ini merupakan Fakultas baru yang dibuka oleh UIN Raden Intan Lampung di tahun 2019 ini.

Fakultas Adab memiliki dua program study yaitu, prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, dan prodi Sejarah Peradaban Islam. (L/hbb/B01).

Mi’raj News Agency (MINA).