Dua Puluh Perguruan Tinggi Islam se Sumatera Bentuk Forum Pimpinan PTKIN

Para pimpinan PTKIN se Sumatera. (Foto: Kemenag)

 

Palembang, 11 Rajab 1438/8 April 2017 (MINA) – Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera membentuk sebuah forum pimpinan yang dideklarasikan dalam pertemuan di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (7/4).

Ketua Teungku Dirundeng Meulaboh Aceh, Syamsuar menjelaskan, dalam laman Kemenag yang dikutip MINA, deklarasi Forum Pimpinan PTKIN se Sumatra ini terinspirasi dari pertemuan Para Rektor dan Ketua yang dilaksanakan di Jakarta pada Maret 2017 lalu.

Menurutnya, forum ini dibentuk dengan tujuan membangun sinergi dalam peningkatan kualitas PTKI demi terwujudnya lembaga yang mampu bersaing pada level nasional dan internasional.

Forum ini juga telah merumuskan sejumlah item kerjasama, antara lain: penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kualitas dan kapasitas LPTK.

“Selain itu, sinergi juga akan digalakkan dalam pengembangan konsorsium keilmuan, pengembangan program penjaminan mutu, percepatan kepangkatan Guru Besar, dan bidang lainnya,” ujarnya.

Pertemuan forum pimpinan PTKIN ini juga telah membentuk kepengurusan untuk masa kerja 2017-2019. Rektor Raden Fatah Palembang M Sirozi dipilih sebagai Ketua Forum. Wakil Ketua dipercayakan kepada Rektor UIN Sumatera Utara Saidurrahman. Sekretaris terpilih adalah Ketua STAIN Curup Rahmad Hidayat, sedang Bendahara adalah Ketua IAIN Metro Lampung Enizar.

“Saya berharap keberadaan forum ini bisa meningkatkan kualitas riset dan keilmuan bagi PTKIN, khususnya bagi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh,” harap Syamsuar.

Ada 20 PTKIN se Sumatera yang tergabung dalam forum pimpinan tersebut, terdiri dari:
Pertama, tujuh Universitas Islam Neger (UIN), yaitu: UIN Raden Fatah Palembang, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Sutan Syarif Kasim Pekan Baru, dan UIN Sumatera Utara Medan, UIN Imam Bonjol Padang, dan UIN Raden Intan Lampung;

Kedua, enam Institut Agama Islam Negeri (IAIN), yaitu: IAIN Bengkulu, IAIN Bukittinggi, IAIN Padang Sidempuan Tapanuli, IAIN Metro, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, dan IAIN Batusangkar;

Ketiga, tujuh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), yaitu: STAIN Curup, STAIN Gajah Putih, STAIN Kerinci, STAIN Malikussaleh Lhoukseumawe, STAIN Syekh Abdurrahman Siddik Bangka, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, dan STAIN Bengkalis. (T/R09/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)