Dubai Luncurkan Uji Coba Truk Tanpa Pengemudi Pertama di UEA

Truk Listrik tanpa pengemudi UEA. (Foto: Gulf Today)

, MINA – Sejalan dengan upaya Dubai menjadi pusat mobilitas pintar dunia, Dubai South hari Rabu (14/12) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Evocargo untuk peluncuran uji coba truk tanpa pengemudi pertama di UEA, untuk kargo di Distrik Logistik pengembangan utama.

Tujuan utama dari uji coba ini adalah memungkinkan Evocargo memodifikasi dan mendesain ulang EVO.1 khusus untuk kawasan MENA, Gulf Today melaporkan.

Selama masa uji coba, operator jarak jauh akan ditempatkan di Pusat Kontrol untuk mengelola platform. Pusat tersebut, yang terletak di Distrik Logistik Dubai South, mencakup rangkaian perangkat lunak guna memantau pengoperasian EVO.1, memeriksa kemudahan servis sensor, dan mengidentifikasi kesalahan.

Mohsen Ahmad, CEO Distrik Logistik Dubai South dan Andrey Bolshakov, CEO Pendiri Evocargo, menghadiri upacara penandatanganan MoU.

Dubai Selatan adalah pengembangan utama kota tunggal terbesar di emirat yang berfokus pada penerbangan, logistik, dan real estat. Evocargo yang berkantor pusat di Dubai adalah penyedia layanan logistik yang mengembangkan dan menyediakan platform transportasi otonom listrik.

Dubai adalah pusat logistik global dengan kapasitas pengiriman dan konektivitas yang tak tertandingi. Menyempurnakan teknologi dan tanpa pengemudi untuk kawasan ini akan membantu mengurangi jejak karbon lebih lanjut dan memperkuat kredensial hijau kota ini.

Tidak seperti inisiatif kota dan negara lain yang hanya berfokus pada memungkinkan kendaraan pribadi tanpa pengemudi, Strategi Transportasi Tanpa Pengemudi Dubai bersifat multimoda dan mencakup penargetan ketujuh moda armada transportasi umum, termasuk metro, trem, bus, taksi, transportasi laut, kereta gantung dan antar-jemput.

Ketika diterapkan sepenuhnya, strategi ini akan membantu mengurangi biaya transportasi sebesar 44 persen atau AED900 juta, menghemat AED1,5 miliar melalui pengurangan pencemaran lingkungan dan AED18 miliar melalui peningkatan efisiensi sektor transportasi sebesar 20 persen.

“Kami senang dapat membuat perjanjian strategis dengan Evocargo untuk meluncurkan uji coba otonom pertama UEA, menetapkan tolok ukur global baru dan mengkonsolidasikan status kepemimpinan sektor logistik negara. Selain meningkatkan efisiensi operasional, kemitraan kami akan membantu meningkatkan operasi rantai pasokan dan mencapai keberlanjutan. Di Distrik Logistik, kami diberi mandat untuk mendukung industri dan mempercepat sektor logistik UEA yang berkembang pesat,” kata Mohsen Ahmad.

Andrey Bolshakov mengatakan, ini adalah usaha pertama Evocargo ke dalam kendaraan otonom dalam platform logistik multimoda global. Uji coba ini merupakan tonggak penting bagi perusahaan karena membuka peluang untuk memperluas produk kami di pasar Timur Tengah dan Asia yang strategis.

Kapasitas angkat platform tanpa pengemudi adalah 2 ton, dan dapat menampung hingga enam palet EUR yang bergerak dengan kecepatan 25 km/jam hingga sejauh 200 km. Mengisi daya kendaraan untuk pengoperasian sehari penuh membutuhkan waktu 40 menit hingga enam jam, tergantung stopkontaknya.

Sistem keamanan platform EVO.1 memiliki empat tingkatan: visi komputer ruang di sekitar kendaraan, sistem diagnostik otomatis, sistem berhenti jarak jauh, dan sistem pengereman pneumatik siaga.

Manajemen armada yang efektif dari sistem pilot otomatis EVO.1 meningkatkan efisiensi transportasi kargo sekaligus mengurangi waktu henti truk secara signifikan. Robotisasi dan penggunaan listrik dan sel bahan bakar hidrogen sebagai pengganti bahan bakar konvensional menawarkan efisiensi biaya.

Evocargo memiliki 37 penemuan dan teknologi yang dilindungi. Paten Evocargo mencakup algoritme untuk pemosisian visual, pemetaan otomatis, kalibrasi dan integrasi sensor dan kamera, metode untuk memilih kecepatan keselamatan, dan parameter untuk model dinamis. (T/R7/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.