Dubes Lyudmila: Pemerintah Rusia Dukung Perkembangan Islam

Jakarta, MINA – Duta Besar untuk Indonesia, H.E Lyudmila Vorobieva mengatakan, Pemerintah Rusia mendukung perkembangan Islam di negaranya,  ada sembilan provinsi di Rusia yang mayoritas masyarakatnya adalah Muslim.

“Pemerintah Rusia sangat mendukung perkembangan Islam di sana. Presiden Putin sendiri dalam beberapa pernyataannya menyampaikan hal itu, kata Dubes Lyudmila dalam wawancara eksklusif dengan tim wartawan Kantor Berita MINA di Wisma Rusia di Jakarta, Kamis (7/4).

Tidak hanya itu, Dubes Lyudmila juga menyatakan, Rusia sama dengan Indonesia dalam sikapnya terhadap krisis Palestina-Israel. “Kami mendukung solusi dua negara dalam krisis Palestina-Israel, sama seperti Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut, Lyudmila mengatakan, selama ini Rusia konsisten memberikan dukungan kepada rakyat Palestina, khususnya di Gaza. Rusia memberikan beberapa bantuan untuk warga Gaza. Salah satunya adalah gandum Palestina yang didapat dari Rusia.

Islam menjadi agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks. Pada 2018, umat Muslim di Rusia diperkirakan mencapai 28 juta jiwa, atau sekitar 20 persen dari total populasi Rusia.
Daerah-daerah yang banyak dihuni orang Muslim di Rusia adalah Laut Hitam, Laut Kaspia, Avar, Adyghe, Balkar, Nogai, Chechnya, Circassian, Ingush. (L/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.