Dubes Qatar Ucapkan Belasungkawa kepada Korban Gempa Aceh

Duta Besar Qatar untuk Indonesia YM. Ahmed bin Jassim Mohammed Ali Al-Hamar (Tengah). (Foto: Royhanul Iman/MINA).

Jakarta, 14 Rabi’ul Awwal 1437/14 Desember 2016 (MINA) – Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Indonesia YM. Ahmed bin Jassim Mohammed Ali Al-Hamar mengucapkan belasungkawa dan keprihatinan mendalam atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, 7 Desember lalu.

“Kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah gempa di Aceh yang menimbulkan korban jiwa dan luka. Kami mendoakan agar korban yang meninggal diterima di sisi-Nya dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan ketabahan kepada keluarga,” kata Dubes Al-Hamar saat menyampaikan sambutan dalam Peringatan Hari Nasional Negara Qatar di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (14/12) malam.

Baca Juga:  Sajeriah Jamaah Haji Tunanetra, 14 Tahun Menanti Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci

Acara itu juga dihadiri Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto sebagai tamu kehormatan, para pejabat dan tokoh nasional, serta duta besar negara-negara sahabat. Hari Nasional Qatar telah ditandai pada 18 Desember sejak tahun 2008.

Dia juga menegaskan komitmen Qatar dalam peningkatan hubungan kerjasama dengan Indonesia. “Hubungan RI-Qatar sangat baik dan bersahabat namun kami akan terus mengupayakan peningkatan hubungan tersebut melalui kerjasama di bidang pendidikan, agama Islam dan budaya,” katanya.

Menurutnya,  Qatar memandang Indonesia adalah mitra penting negara itu untuk mendukung proses perdamaian di Timur Tengah. Hubungan diplomatik Indonesia-Qatar dimulai pada 1976.

Selain itu, ia menyatakan salah satu prioritas misinya adalah meningkatkan hubungan ekonomi dan investasi antara negaranya dengan RI. “Hubungan dengan Indonesia adalah hubungan investasi, yang selama ini investasi Qatar di Indonesia sudah cukup banyak,” ujarnya.

Baca Juga:  Sudah 164 Calon Santri Ponpes Al-Fatah, Pendaftaran Masih Dibuka

Al-Hamar baru bertugas di Jakarta sejak menyerahkan surat kepercayaan pada 4 Oktober lalu. Ia menggantikan Dubes Mohammad Khater Al-Khater yang telah berakhir masa tugasnya pada September lalu dan ditugaskan menjadi dubes Qatar untuk India yang berkedudukan di New Delhi.

Sebelum bertugas sebagai dubes Qatar di Jakarta, Al-Hamar adalah Duta Besar Qatar untuk Republik Federal Nepal.

Kepiawaian dan pengalamannya dalam berdiplomasi Al-Hamar memperoleh promosi sebagai Super Ambassador. Prestasi tersebut merupakan capaian tersendiri bagi seorang duta besar di Qatar dan tidak mudah bagi seorang Dubes memperoleh peringkat Super Ambassador.

Al-Hamar juga memiliki profesi di bidang pers dan pernah berkarir di Kantor Berita Nasional Qatar, Qatar National Agency (QNA) sebelum menjadi Dubes Qatar di Nepal.

Baca Juga:  Pernyataan Sikap Wahdah Islamiyah Atas Genosida Zionis Israel di Gaza

Seperti diketahui, berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi yang terjadi di Pidie Aceh pada Rabu (7/12/2016) subuh pukul 05.03 WIB pada Rabu (7/12/2016) subuh pukul 05.03 WIB adalah gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,4 SR.

Gempa tersebut mengakibatkan korban jiwa, luka parah serta ratusan bangunan dan rumah mengalami kerusakan hebat dan menimbulkan kepanikan warga. (L/P013/M19/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan