DUDE HARLINO: NIKMATI SETIAP HURUF YANG ALLAH TURUNKAN

 Jakarta, 6 Rajab 1435/5 Mei 2014 (MINA) – Aktor ternama Indonesia Dude Harlino mengajak seluruh umat Islam agar “menikmati” setiap huruf Al-Quran yang Allah turunkan kepada manusia.

Himbauan itu Dude sampaikan kepada puluhan ribu jamaah yang memadati Masjid Istiqlal Jakarta hingga ke lantai lima, dalam acara Grand Launching ‘One Day One Juz’ (ODOJ), Ahad (4/5).

“Bagaimana supaya setiap harinya kita mengharuskan diri untuk membaca al-Quran, itu yang paling penting,” tegas putera Minangkabau yang hadir bersama isterinya itu, Alyssa Soebandono.

Menurutnya, ketika membaca Al-Quran sebaiknya ada peresapan di dalam hati. Dan akan terlebih baik jika makhraj (keluarnya huruf) dan tajwid (cara membunyikan huruf) tepat, serta dapat memahami artinya.

“Lebih utama jika bisa merenungi apa yang terkandung di dalamnya,” kata Dude.

Pria yang pernah menang sebagai Aktor Terfavorit dalam Panasonic Awards itu menjelaskan bahwa  ada sunnah (contoh) dari Rasulullah. Ketika Rasul membaca ayat-ayat azab, beliau memohon ampun kepada Allah, bahkan bisa dilakukan semalaman.

“Yang paling penting adalah bagaimana memasukkan Al-Quran ke dalam hati kita, tidak terburu-buru atau hanya mengejar target, tetapi merenungi, meresapi setiap huruf yang ada di dalam Al-Quran. Karena itulah yang bisa membangkitkan semangat kita dalam perjuangan,” ujar Dude.

Sementara itu, pemain sinetron Baim Wong juga menuturkan pengalaman berkesannya selama bergabung dengan Komunitas ODOJ. Dia pernah terpaksa selesaikan membaca satu juz lantaran tidak enak dengan anggota grupnya, hingga dia pun takut bahwa ibadahnya berbumbu riya’ (pamer).

Selanjutnya, Baim mulai membaca arti dari apa yang telah ia lafalkan dan apa hikmah dari bacaannya. 

Grand Launching ODOJ dihadiri oleh Ustadz Yusuf Mansyur (Pendiri PPPA Darul Quran), Prof Nasarudin Umar (Wakil Menteri Agama), Dr. Amir Faishol al-Fath (Pakar Tafsir Al-Quran), Ust Fadyl Usman Baharun (Muhdhir Rumah Al-Quran Daarut Tarbiyah) serta beberapa artis ternama yang merupakan anggota komunitas ini.

Gerakan ODOJ

Gerakan One Day One Juz (ODOJ), merupakan gerakan yang memiliki visi membudayakan tilawah (membaca Al-Quran) sehari satu juz di seluruh lapisan masyarakat Muslim.

ODOJ memiliki misi menyebarluaskan One Day One Juz dengan memaksimalkan program kerja kepengurusan. Gerakan ini pada awalnya merupakan komunitas kecil yang kini menjelma menjadi gerakan masif yang menggerakkan masyarakat.

Secara teknis, melalui grup whatsapp/BBM program ini dijalankan. Tiga puluh orang dalam satu grup memiliki target bacaan masing-masing satu juz berbeda setiap harinya, sesuai dengan urutan masing-masing.

Setiap anggota bertekad menyelesaikan tilawah satu juz per harinya. Tercatat hingga saat ini, komunitas ODOJ telah memiliki lebih dari 95.000 anggota.

Dalam pemberian award ODOJ pada Ahad di Masjid Istiqlal, disebutkan bahwa anggota tertua ODOJ berusia 78 tahun dan anggota termuda berusia delapan tahun. 

Komunitas ini juga sudah menyebar di beberapa negara tetangga. (L/P09/P12/EO2).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

 

 

 

Comments: 0