Aksi Muslimin Baca Al-Qur’an dan Doa Bersama di Monas untuk Palestina

Imaam Jama'ah Muslimin Yakhsyallah Mansur memimpin aksi baca Al-Qur'an dan doa bersama untuk Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Ahad, 15 Oktober 2023. (Foto: Anshorullah/AWG)

Jakarta, MINA – Lebih dari seribu umat Islam berkumpul di kawasan Monumen Nasional Jakarta Pusat pada Ahad pagi (15/10), melakukan aksi damai dengan membaca Al-Qur’an dan doa bersama sebagai bentuk dukungan kepada Palestina yang sedang berperang melawan Israel.

Massa Islam yang dikoordinir oleh lembaga kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG) dan Jama’ah Muslimin Wilayah Jabodetabek tersebut hadir yang bertepatan dengan Car Free Day. Mereka datang dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Aksi yang berlangsung sampai pukul 10.00 WIB tersebut, dipimpin oleh Imaam Jama’ah Muslimin Yakhsyallah Mansur yang membaca Al-Qur’an Surat Al-Isra dan membaca doa bersama.

Aksi baca Al-Qur’an dan doa bersama untuk Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Ahad, 15 Oktober 2023. (Foto: Anshorullah/AWG)

Presidium AWG Anshorullah mengatakan, memilih aksi membaca Al-Qur’an dan doa bersama dengan harapan Allah akan menurunkan pertolongan kepada bangsa Palestina.

“Massa datang dari berbagai wilayah Jakarta dan sekitarnya, termasuk dari Cikampek dan Banten. Dilakukan pula aksi penggalangan dana untuk membantu Palestina,” kata Anshorullah kepada MINA News.

Waliyul Imaam Jama’ah Muslimin Wilayah Jabodetabek Ustaz Nuruddin mengatakan, pemilihan Al-Qur’an Surat Al-Isra yang dibaca karena di dalamnya Allah memberi janji kemenangan bagi kaum Muslimin, khususnya bagi umat Islam di Palestina yang berjuang untuk membebaskan Masjid Al-Aqsa dari kekuasaan pendudukan Israel.

Aksi baca Al-Qur’an dan doa bersama untuk Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Ahad, 15 Oktober 2023. (Foto: Anshorullah/AWG)

Saat ini, sejak 7 Oktober 2023, pejuang Palestina sedang bertempur untuk menuntut hak kemerdekaannya dari pendudukan Israel. Pada saat yang sama, warga Palestina di Jalur Gaza sedang menderita pembantaian oleh serangan militer Israel.

Hingga saat ini, sebanyak 2.329 warga Palestina syahid oleh bombardir pesawat tempur Israel dan 9.042 orang terluka. Jumlah itu terus akan terus bertambah karena agresi Israel belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Aksi-aksi solidaritas warga dunia kepada bangsa Palestina telah dilakukan, tidak hanya di negara-negara Muslim, tetapi juga di berbagai negara Barat. Mereka juga mengutuk Israel yang melakukan praktik genosida terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza dengan dalih menyerang situs-situs pejuang Palestina. (L/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.