Duta Al-Quds Sosialisasi Al-Aqsha di Masjid Alumni IPB

Bogor, MINA – Duta Al-Quds, Ali Farkhan Tsani, menyampaikan sosialisasi Al-Aqsha Haqquna di Masjid Alumni IPB Baranangsiang, Bogor, Jumat (23/8).

“Masjid Al-Aqsha adalah hak milik kita umat Islam, berdasar Surat Al-Isra ayat pertama dan sabda-sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,” ujar Ali, usai shalat Jumat.

Karenanya, kepedulian, solidaritas dan pembelaan umat Islam terhadap Masjid Al-Aqsha adalah panggilan akidah, ujar Alumni Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauly Shana’a, Yaman tersebut.

Sutan Abdul Hamid II telah menunjukkan sikap teguhnya mempertahankan Al-Aqsha dan Palestina dari bujukan Zionis Yahudi. Sebelumnya, Shalahuddin Al-Ayyubi dan Khalifah Umar bin Khattab telah membebaskan Al-Aqsha dari belenggu pendudukan, ia menguraikan.

“Kini sejarah akan kembali terulang, jika para pejuang di Palestina, dan umat Islam di manapun berjamaah, berjuang membela Al-Aqsha,” ujar Ali Farkhan, yang juga Redaktur Senior Kantor Berita MINA.

Saat ini pun rekonsiliasi faksi-faksi di Palestina terus berlangsung, terutama dimediasi oleh Mesir, imbuhnya.

Ia menekankan, dari sisi kemanusiaan, umat manusia manapun yang masih punya hati nurasi, pasti akan tergerak ikut menunjukkan kepeduliannya terhadap nasib yang terjajah, di kawasan Al-Aqsha.

Seperti gerakan boikot, banyak disponsori oleh aktivis kemanusiaan yang bukan Muslim di negara-negara Barat. Rachel Corrie, aktvis kemanusiaan pembela Palestina, pun adalah warga Amerika Serikat, yang peduli terhadap Palestina, lanjutnya.

“Sebagai warga negera Indonesia, ini pun menjadi amanah konstitusi, yang menyebutkan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan oleh karena itu penjajahan harus di muka bumi ini harus dihapuskan”, imbuhnya.

Menurut Ketua Panitia Sosialisasi, Hayatdin, sosialisasi Al-Aqsha Haqquna dikoordinir oleh Lembaga Kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) dalam rangkaian Ta’lim Wilayah Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Jabodetabek.

Acara lainnya Seminar Nasional bertema “Tanggung Jawab Intelektual dalam Mendukung Pembebasan Masjid Al-Aqsa dan Kemerdekaan Palestina” di Gedung Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta, Sabtu (24/8).

Ada juga Longmarch Cinta Al-Aqsha pada Sabtu malam (24/8), mulai bada Isya dari Masjid Agung Jabal Nur kawasan Sentul City menuju Masjid Az-Zikra Sentul. Jarak tempuh sekitar 6 km.

Puncak acara Tabligh Akbar pada Ahad pagi (25/8) di Masjid Az-Zikra Sentul, dengan mengagendakan para pembicara di antaranya: Dubes Palestina, Pimpinan MUI, Bupati Bogor dan Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah). (L/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)