Empat Atlet Wanita Saudi Akan Ikuti Olympiade di Brazilia

Jeddah, 16 Syawwal 1437/ 21 Juli 2016 (MINA) – Empat orang atlet wanita Arab Saudi akan ambil bagian dalam Olympiade mendatang yang akan digelar mulai akhir Agustus di Rio de Janeiro, Brazilia.

Keempat wanita Arab Saudi itu ambil bagian dalam ajang non kompetisi Olympiade dengan memperoleh hak istimewa tanpa melalui tahap-tahap penyisihan pra olympiade.Biasa disebut dengan fasilitas wild card. Demikian SPA yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Direktur Eksekutif Komite Olimpiade  Saudi, Hussam Al-Qurashi, menyatakan mengizinkan atlet wanita tampil pada cabang-cabang olahraga dan berpakaian yang harus sesuai prinsip-prinsip syari’ah sebagaimana arahan Majlis Ulama Senior.

Al-Qurashi menjelaskan, ada sebuah komite Islam yang bertugas memantau  olahraga yang diikuti wanita, baik cabang olahraganya maupun pakaian atelet ketika tampil di arena.

Dia menjelaskan, tidak ada klub olahraga perempuan untuk tujuan kompetitif di Arab Saudi.

Empat atlet wanita Arab yang akan ambil bagian dalam Olimpiade Rio adalah: Sara Al-Attar, Lubna Al-Omair, Cariman Abu Al-Jadail dan Wujud Fahmi.

Pengumuman nama-nama anggota tim pria dan wanita dibuat secara terpisah, sebab keempat perempuan diberikan entri wild card karena mereka bisa ikut tanpa memenuhi standar kualifikasi formal.

Sebelumnya pada Olympiade 2012 di London, Arab Saudi menyertakan dua atlet wanita dengan kemudahan wild card juga. (T/hna/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://saudigazette.com.sa/saudi-arabia/saudi-womens-sports-events-must-follow-shariah-laws/

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf