Empat Orang Luka Pascaledakan Bom di Bangkok

Bangkok, MINA – Ibu kota Thailand, Bangkok, diguncang oleh serangkain pada Jumat (2/8), meski tidak menimbulkan korban jiwa, dilaporkan beberapa orang mengalami luka-luka.

Seperti dilaporkan oleh Bangkok Post pada Sabtu (3/8), sekitar tujuh bom ditemukan di lima lokasi di Bangkok dan Nonthaburi, lima di antaranya meledak dan melukai empat orang.

Ledakan tersebut di antaranya terjadi di stasiun BTS Chong Nonsi, dekat gedung King Power Mahanakhon, Kompleks Pemerintah di Jalan Chaeng Watthana, dan Markas Besar Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand.

Letnan Jenderal Ronnasilp Phusara, Komandan Wilayah Polisi Provinsi 9 mengatakan, dua tersangka dari distrik Rue So Narathiwat ditangkap pada hari Kamis(1/8) karena menanam bom waktu di depan markas besar Kepolisian Kerajaan Thailand.

“Sebuah penyelidikan menemukan hubungan antara dua tersangka dengan gerilyawan selatan,” kata Jenderal Ronnasilp.

Ledakan tersebut juga bertepatan dengan berlangsungnya ASEAN di Bangkok dan saat Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo menyampaikan pidato utamanya.

Keamanan diperketat di sekitar Centara Grand di Central World, tempat pertemuan ASEAN sedang berlangsung yang melibatkan para 10 Menlu ASEAN dan 21 Menlu serta diplomat senior dunia.

Setelah badan-badan keamanan dan intelijen yang diketuai oleh Wakil Perdana Menteri Thailand, Jenderal Prawit Wongsuwon bertemu pada Jumat malam, sumber mengatakan, serangan tersebut dikaitkan dengan perluasan operasi oleh pemberontak. Namun, serangan mereka mungkin didukung oleh kelompok politik dan lainnya.

Sementara itu, kepala polisi nasional Chakthip Chaijinda mengatakan, penyelidikan awal polisi telah menemukan pemboman itu mungkin dilakukan oleh kelompok pemberontak yang sama dengan serangan bom di tujuh provinsi selatan dan tengah pada Agustus 2016. (T/Sj/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.