Erupsi Semeru, Keluarga Alumni Remaja Masjid Sunda Kelapa Jakarta Terjunkan Relawan Sejak H+1

Malang, MINA – Keluarga Alumni Remaja Masjid (KARISKA) turut menyalurkan bantuan berupa logistik, peralatan dan kebutuhan rumah tangga serta sejumlah uang untuk korban , Lumajang, Jawa Timur.

Perwakilan KARISKA di Malang, Hessy Hazniyah Tamim mengungkapkan, pihaknya telah terjun ke lapangan sejak H+I kejadian, yakni Ahad, 5 Desember 2021. “Kami segera koordinasi dengan rekan-rekan KARISKA di Jakarta dan Alhamdulillah kami bisa langsung terjun ke lapangan pada Ahad (5/12) sehari setelah kejadian,” ungkapnya kepada MINA, Kamis (16/12).

Hessy mengatakan, kebutuhan saat ini yang diperlukan warga yakni peralatan ibadah shalat seperti mukena, sarung, sajadah dan lainnya. Selain itu, Mushaf Al-Quran juga sangat diperlukan warga mengingat hampir semua rumah ibadah ikut terdampak dan peralatan di dalamnya banyak yang rusak.

“Warga saat ini tinggal di tenda-tenda pengungsian sangat memerlukan peralatan ibadah. Ini yang tidak banyak para relawan memikirkannya,” papar Wanita yang juga menjadi Ketua Umum Persatuan  Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Kota Malang itu.

Sementara itu, dari pantauan MINA di lapangan, Kamis (16/12) terjadi gempa susulan dan Semeru kembali mengeluarkan lahar. Kejadian itu sempat membuat para relawan meninggalkan posko mereka.

Akibat kejadian itu, Dusun Kamar Kajang dan Kebondeli Utara diterjang banjir. Menurut informasi yang berhasil dihimpun, banjir yang terjadi menyebabkan sudetan aliran lahar jebol di dusun Kamar Kajang. Bahkan hujan abu vulkanik turun ke bawah hingga Desa Candipuro dibarengi bau belerang. (L/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.