Faza Meonk: Pupuk Minat Baca Masyarakat Melalui Konten Kreatif

Jakarta, MINA – International Book Fair (IIBF) 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC)  memasuki hari-hari terakhir. Sejumlah rangkaian kegiatan sebagian besar sudah dilewati sejak dibuka pada Rabu, 12 September lalu.

Salah satu pengisi acara IIBF, mengemukakan, IIBF bisa dijadikan ajang pengenalan produk inspiratif, termasuk menyuguhkan konten kreatif untuk menumbuhkan minat baca. Salah satu bentuk konten kreatif itu adalah komik.

“Dari kita sendiri sebagai pelaku kreatif selalu berusaha bikin konten yang kita buat itu lebih menarik lagi untuk dibaca dan dinikmati. Menurut saya komik itu tulisan ringan, komik itu gerbang untuk membaca kepada hal atau tulisan yang lebih berat lagi,” kata Faza kepada MINA di sela-sela talkshow bertajuk “Industri Kreatif Indonesia Harus Mendunia”.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Kreator “” itu mengatakan, acara bertaraf internasional ini juga bisa menjadi ajang pengenalan budaya-budaya asli Indonesia kepada dunia dan juga sebagai ajang tukar pengalaman dan pengetahuan tentang budaya dari negara-negara partisipan.

“Acara ini tarafnya internasional sehingga ada banyak kolaborasi dengan manca negara. Ini bagus, kita bisa saling tukar budaya dengan negara-negara partisipan, misalnya buku-buku Indonesia bisa di terbitin di negara lain dan tidak hanya masyarakat Indonesia yang bisa menikmati,” katanya.

hasil inisiasi Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menghadirkan puluhan penerbit dari 17 negara seperti Indonesia, Arab Saudi, Australia, Inggris, Cina, Maroko, India, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Turki, Singapura, Uni Emirat Arab, Thailand, dan Tunisia.

Baca Juga:  Hasil Drawing Perempat Final Thomas Cup dan Uber Cup 2024 

Acara IIBF 2018 ini diisi dengan sejumlah kegiatan seperti, Wisata Literasi dan Budaya, School Competition, Indonesia Right Fair, Business Matchmaking, Bursa Naskah, Festival Komunitas Literasi dan beberapa talkshow. (L/SR/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.