FK UPN Veteran Jakarta Bedah Buku Iman dalam Otak Manusia Karya Dr. dr Taufiq Pasiak

Foto: Istimewa

Jakarta, MINA – menggelar berjudul “Iman dalam Otak Manusia” karya Dr. dr. Taufiq Fredrik Pasiak, M,kes., M.pd.I. yang digelar secara hibrida, Jumat (17/3).

Bedah buku denga tema “Memaknai Dinamika Iman, Moral dan Etika dalam Kesehatan” ini menghadirkan beberapa narasumber di antaranya; Dosen Fakultas Kedokteran UI Prof. Dr.dr. Agus Purwodianto, DFM.,S.H.,M.si.sp.F (K), Ketua MKDKI dr. Prasetyo Edi, Sp.BTKV, Subsp VE (K), FIHA, MH, Ketua terpilih PDSKJI dr. Agung Frijanto, Sp.KJ., M.H., dan Dosen Filsafat STF Driyarkara Budhy Munawar Rachman.

Taufiq Pasiak merupakan Doktor dokter medis, dosen, peneliti, penulis, pembicara publik dan aktivis organisasi. Sejak 1995 mempelajari dan merintis ilmu yang kemudian disebutnya sebagai Ilmu Neurosains Spiritual.

Dalam sambutanya Taufiq mengatakan, acara bedah buku ini merupakan bagian dari upaya untuk mengenalkan Unversitas, yang dimulai di FK Kedokteran.

“FK UPN Jakarta sedang kita kembangkan pemikiran-pemikiran terkait dengan etik maupun impelementasinya dalam ilmu kedokteran. Kita sedang ada pembenahan kurikulum baru sehingga dalam bidang-bidang seperti ini kita mencoba mengembangkan suatu kajian-kajian baru yang meliputi pendekatan multi disipliner,” ujarnya.

Taufiq mengatakan, bukunya menjadi semacam bacaan untuk menambah pengetahuan dibidang itu. melalui bukunya, ia mencoba mengenalkan dalam sebuah etik.

“Selama ini orang mepelajari tentang etik itu patokanya pada filsafat etika. Jadi kita mencoba mengenalkan spiritualitas sebagai salah satu jalan untuk etika,” katanya.

Buku “Iman dalam Otak Manusia” karya Taufiq Pasiak ini membahas tentang perkembangan mutakhir riset-riset  dalam bidang ilmu otak (Neurosains) spiritualitas (hubungan manusia dengan Tuhan yang dipercayainya) dan implikasinya dalam bidang kedokteran.

Buku tersebut juga memberikan petunjuk bagaimana riset-riset dalam bidang ini harus dilakuakan. (L/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.