Gencarkan Transformasi Dikti, Selancar PAK, Dasbor IKU, dan Command Center Diluncurkan

Jakarta, MINA – Menteri Pendidikan dan dan Kebudayaan (Mendikbud) secara resmi meluncurkan Sistem Pelacakan Secara Mandiri Penilaian Angka Kredit () Dosen, Dasbor Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU PTN), serta Pendidikan Tinggi pada Jumat (5/3).

Peluncuran tiga sistem ini bertujuan untuk terus mendorong transformasi pendidikan tinggi lewat Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang dijalankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

“Semoga dengan dirancang dan diluncurkannya ketiga aplikasi ini, Ibu dan Bapak Dosen sekalian bisa terus termotivasi mengembangkan kualitas diri, peserta didik, dan institusi untuk sistem pendidikan tinggi Indonesia yang berkualitas dan tanggap perkembangan zaman. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmani’rahim, saya luncurkan apliasi Selancar PAK, , dan Command Center secara resmi,” kata Nadiem.

Selancar PAK adalah sistem digital untuk mempermudah para pengguna layanan penilaian angka kredit untuk Jabatan Lektor Kepala dan Profesor, mengetahui proses perjalanan usulannya dari mulai pengajuan sampai dengan Proses Penetapan PAK.

Dasbor IKU PTN yaitu, sistem yang berguna untuk membantu perguruan tinggi mengawasi capaian IKU yang dihitung berdasarkan poin pencapaian target dan pertumbuhan capaian, serta pengurangan poin jika ada temuan audit.

“Capaian Nilai IKU digunakan sebagai dasar memberi insentif BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri),” tambah Nadiem.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dkti), menambahkan, dengan Dasbor IKU, PTN bisa menilai kinerja instansi yang mereka pimpin dan merencanakan kinerja ke depan, sehingga mulai dari prosesnya sudah bisa dikelola, agar mencapai hasil sesuai target.

Selanjutnya, yang ketiga yakni command center dirancang sebagai pusat data yang memanta keseluruhan aktivitas dan program pendidikan tinggi lewat berbagai aplikasi data. Aplikasi ini berfungsi mendukung koordinasi, monitoring, evaluasi, serta pengambilan kebijakan dan diseminasi tridarma perguruan tinggi. (L/R5/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.