Gerakan Hamas dan Jihad Desak Warga Palestina Tingkatkan Intifada  

(Foto: Palinfo)

, MINA – Gerakan Perlawanan Islam dan Jihad mendesak warga untuk meningkatkan intifadha (perlawanan) dalam pembebasan Masjid Al-Aqsha, Yerusalem Timur (Al-Quds).

Kedua gerakan tersebut pada Senin (17/7) mengadakan sebuah pernyataan pers bersama bahwa pendudukan bertanggung jawab sepenuhnya atas dampak eskalasi terbaru yang menargetkan Masjid Al-Aqsha dan mendesak warga Palestina untuk melancarkan aksi massal melawan agresi Israel di tempat suci tersebut.

Gerakan tersebut menuduh pemerintah ekstremis Israel memicu perang agama di kawasan tersebut dengan menerapkan kebijakan rasis terhadap pemuja Muslim dan tempat-tempat suci Islam di Palestina, demikian Palestinian Information Center yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Mereka menekankan kedaulatan atas Masjid Al-Aqsha harus kembali ke Departemen Wakaf Islam dan menuntut untuk menghentikan tindakan Israel saat ini di Masjid tersebut.

Baca Juga:  Ismail Haniya: Tidak Ada Satu pun Rumah Di Gaza Kecuali Ada Syuhadanya

Hamas dan Jihad meminta massa Arab untuk mendukung Masjid Al-Aqsha dan menekan pemerintah mereka untuk memutuskan hubungan mereka dengan Israel.

Sebuah keadaan ketegangan telah terjadi di Masjid al-Aqsa terutama setelah orang Palestina menolak memasuki kuil tersebut melalui detektor logam yang baru dipasang di gerbangnya.(T/R10/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.