Gubernur Jawa Barat Kirim 70 Relawan dan Bantuan Ke Sulteng

Bandung, MINA – Ridwan Kamil memberangkatan 70 relawan Jawa barat (Jabar) ke lokasi bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah melalui Bandara Husein Sastranegara Bandung, Kamis (4/10).

Tim relawan tersebut diisi dengan berbagai kualifikasi dan keahlian ini berasal dari BPBD Pusdalops PB (16 orang), PMI Jabar (11 orang), Baznas Jabar (2 orang), Humas (1 orang) dan relawan (40 orang).

“Kita mengirim 70 tim terbaik dari Jabar karena laporan dari lapangan di sana kekurangan orang-orang profesional, logistik juga masih sangat banyak tertumpuk menandakan kebutuhan orang-orang profesional,” kata Gubernur yang akrab disapa Emil, di lokasi pelepasan, Kamis (4/10).

Selain itu, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar juga memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 416.400.000 untuk diserahkan kepada Baznas Tanggap Bencana Palu.

Setibanya di lokasi bencana, relawan ini akan langsung bergabung dalam posko relawan Jabar. Selama 14 hari di sana akan dikerahkan dalam berbagai operasi bantuan sesuai kualifikasinya. Seperi evakuasi SAR, dapur umum dan distribusinya, assessment lanjutan, bantuan medis untuk klinik bergerak dan klinik tetap serta bantuan manajemen di posko utama.

Selain menolong warga Sulawesi tengah yang terkena musibah, Emil panggilam akrabnya juga menitipkan pesan kepada relawan untuk memastikan warga Jabar yang tinggal di sana selamat.

Menurut laporan yang diterimanya, ada ratusan warga Jabar yang tinggal di Palu dan Donggala. Sudah sehari yang lalu 200 warga asal Garut telah dipulangkan.

Sementara itu, Emil akan mengunjungi dan menyerahkan donasi bantuan ke lokasi bencana setelah kondisinya memungkinkan sambil.

“Saya tidak dalam pasukan yang pertama tapi kami menunggu kabar situasi dan kondisi dulu. Saya kesana nanti membawa donasi ketika sudah lengkap,” kata Emil. (R/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.