Hadapi Making Indonesia 4.0, Kemendikbud Selenggarakan ISODEL 2018

Jakarta, MINA – Menghadapi , Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian pendidikan dan Kebudayaan (Pustekom ) menyelenggarakan Indonesia Symposium on Open, Distence and e-Learning (ISODEL) tahun 2018.

Menurut Gogot Suharwoto, Kepala Pustekkom Kemendikbu sekaligus Presiden Simposium , acara ini diselenggarakan karena pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini disebut Revolusi Industri 4.0 yang telah menciptakan perubahan mendasar dalam semua aspek kehidupan masyarakat, termasuk pendidikan.

“Tantangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan saat ini adalah pemanfaatan berbagai potensi yang mampu mempersempit kesenjangan digital, pembentukan karakter, transformasi pendidikan digital, dan pendidikan kejuruan,” katanya dalam Launching ISODEL Making Education 4.0 for Indonesia, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Kamis (5/7).

Acara ini diselenggarakan Pustekkom berkerja sama dengan Universitas Terbuka dan Indonesia Distance Learning Network (IDLN), International Council for Distance Education (ICDE), dan Sekretariat The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

“Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pembuat kebijakan, ilmuwan, akademisi, guru, peneliti dan praktisi dari seluruh dunia untuk bertukar pengetahuan, ide, dan berbagi pengalaman mereka untuk mendukung transformasi pendidikan di Indonesia menuju Pendidikan 4.0,” ujar Gogot.

Ia memaparkan, ISODEL 2018 adalah kesempatan yang sangat baik bagi mereka yang peduli dan terlibat dalam peningkatan pendidikan melalui TIK.

ISODEL 2018 akan digelar pada 3-5 Desember 2018 di Bali dan rencananya dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Sejumlah pembicara internasional akan hadir seperti Profesor Teknologi Pembelajaran dan Inovasi Universitas Bristol Hong Kong Prof. Lim Cher Ling,  Kepala Tim ICT UNESCO HQ Pari Fengchun Miao, serta masih banyak pembicara lainnya baik dari dalam maupun luar negeri,” paparnya.

Gogot menambahkan, ISODEL 2018 terbuka bagi umum untuk menjadi peserta yang ingin berpatisipasi pada acara ini dapat membukan laman isodel.kemendikbud.go.id.

“ISODEL 2018 diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk mengubah pendidikan di Indonesia menuju Pendidikan 4.0 dan menjadikan wajah pendidikan di Indonesia merata secara digital tapi tetap menjunjung tinggi nilai karakter bangsa,” tambahknya. (L/R10/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.