Haftar Libya Bantu RSF Sudan dengan Bahan Bakar dan Senjata

Jenderal Khalifa Haftar. (Foto: dok. Alchetron)

London, MINA – Panglima perang Libya mendukung Pasukan Dukungan Cepat (RSF) Sudan dengan bahan bakar, senjata, dan pasokan lainnya, menurut laporan The Guardian.

RSF setia kepada Mohamad Hamdan Dagalo, yang dikenal sebagai Hemedti, dan telah terlibat dalam konflik melawan angkatan bersenjata Sudan sejak 15 April.

Sementara dari The New Arab pada Selasa (2/5), beberapa truk membawa bahan bakar dari kilang minyak di dekat kota al-Jawf Libya ke pasukan RSF, menurut laporan itu, selain obat-obatan, fasilitas, dan persediaan lainnya.

Beberapa persenjataan, termasuk rudal anti-tank yang dijarah dari persediaan rezim Libya lebih dari satu dekade lalu, diangkut melalui udara.

Namun, Haftar membantah mendukung satu pihak atau lainnya dalam konflik Sudan.

Baca Juga:  UML Adakan Aksi Bela Palestina dan Kutuk Kejahatan Israel

Perang di Sudan telah menghancurkan proses rapuh negara itu untuk beralih ke pemerintahan sipil setelah tiga dekade di bawah rezim Omar al-Bashir. Para pemimpin militer – Abdel Fattah-al Burhan, yang memimpin tentara Sudan, dan Mohamed Hamdan Dagalo sebagai kepala RSF – yang pernah menjadi sekutu dan mitra koalisi pasca kudeta, jatuh dalam pertikaian dalam beberapa bulan terakhir, yang menyebabkan peperangan terbuka di jalan-jalan Khartoum.

Beberapa pemain internasional mengamati perkembangan di Sudan dengan cermat. UEA memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Hemedti, sementara dengan tegas mendukung RSF. Senjata dan pendanaan dari negara-negara lain, termasuk Libya, kemungkinan besar akan menyulut konflik dan semakin memperburuk situasi kemanusiaan yang mengerikan di Sudan. (T/RI-1/P2)

Baca Juga:  Dasasila untuk Palestina dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Seluruh Indonesia

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.