IAEA: Iran Akan Perkaya Uraniumnya Hingga Kemurnian 20 Persen

Pabrik pengayaan uranium Iran

Jenewa, MINA – Pemerintah Iran telah mengatakan kepada pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa mereka bermaksud memperkaya uranium hingga kemurnian 20 persen, tingkat yang dicapai sebelum kesepakatan 2015 dengan negara-negara besar.

Pengayaan akan dilakukan di Pabrik Pengayaan Bahan Bakar Fordow yang terkubur di dalam gunung, Al Jazeera melaporkan.

“Iran telah memberi tahu Agency bahwa untuk mematuhi undang-undang yang baru-baru ini disahkan oleh parlemen negara itu, Organisasi Energi Atom Iran bermaksud memproduksi uranium yang diperkaya rendah (LEU) hingga 20 persen di Pabrik Pengayaan Bahan Bakar Fordow,” kata Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dalam sebuah pernyataan pada Jumat (1/1).

“Surat Iran kepada Agensi … tidak menyebutkan kapan aktivitas pengayaan ini akan dilakukan,” tambah pernyataan itu.

Langkah ini adalah salah satu dari banyak yang disebutkan dalam undang-undang yang disahkan oleh parlemen Iran bulan lalu sebagai tanggapan atas pembunuhan ilmuwan nuklir negara itu, yang dituduhkan oleh Iran kepada Israel. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.