IAIN Kendari Pamerkan Drone Sains pada International Islamic Education Expo

 

Jakarta, MINA – akan memamerkan hasil karya mahasiswanya berupa Drone Sains pada (IIEE) di ICE BSD Serpong, Tanggerang yang digelar oleh Kementerian Agama pada 20-24 November 2017 mendatang.

Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Kendari, Khaeroni mengatakan, tujuan pembuatan drone sains adalah untuk meningkatkan kompetensi keilmuan terapan bagi mahasiswa di bidang sains dengan memadukan beberapa bidang ilmu, yaitu: matematika terapan, matematika komputasi, dan matematika fisika.

“Drone Sains dibuat dengan spesifikasi, daya jelajah dari titik pengguna kira-kira 2,1 KM dan daya angkat bisa  mencapai kurang lebih 200 meter, tergantung berat dari bahan rangka dan lainnya,” kata Khaeroni, Selasa (14/11).

Bahan rangka, tambahnya, menggunakan batang alumunium dan beberapa rangkaian hardware yang dirakit oleh mahasiswa IAIN Kendari dan dibimbing langsung oleh dosen IAIN Kendari.

Menurut Khaeroni,  dalam laman Kemenag yang dikutip MINA, drone ini ke depan bisa dikembangkan lagi dengan menambahkan spesifikasi seperti  Global Positioning System (GPS), pemasangan bodi, dan lainnya.

“Mahasiswa IAIN Kendari juga sedang merancang pembuatan robot pencari jejak dan pendeteksi suhu. Rancangan ini diharapkan akan menjadi keunggulan dan daya tarik bagi jurusan MIPA IAIN Kendari,” ujarnya.

Selain menampilkan drone sains, IAIN Kendari juga akan menampilkan layanan teknologi informasi pada setiap jenis layanan kampus, baik akademik maupun non akademik. Layanan ini dikembangkan dalam rangka menjembatani kepentingan civitas akademika terhadap akses informasi yang lebih cepat, mudah, dan berbasis online.

Diakui  Khaeroni, hampir semua layanan di IAIN Kendari baik mahasiswa, dosen, maupun karyawan, kini tidak lagi menggunakan layanan manual. Mulai dari proses pendaftaran mahasiswa baru, penawaran, roster, pendaftaran kegiatan akademik PPL, KKN, dan kegiatan lainnya semua sudah dilakukan secara online.

Penanggungjawab Pameran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ruchman Basori mengatakan, penemuan drons sains akan banyak memberikan manfaat bagi pengembangan sains pada kampus PTKI. Masyarakat dunia harus tahu bahwa kini PTKI tidak saja melahirkan ahli agama namun juga ahli sains dan teknologi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Berbagai karya inovasi mahasiswa, dosen dan peneliti PTKI akan dipamerkan di Pavilyun PTKI di International Islamic Education Expo (IIEE). Ada klinik jurnal, klinik HAKI PTKI, Klinik Kesehatan dan Psikologi dari UIN Malang, Kincir Angin temuan dari Mahasiswa IAIN Palangkaraya dan lain-lain,” tutup Ruchman. (R/R09/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.