Imaam Yakhsyallah: Lima Macam Nikmat Allah Agar Manusia Bersyukur

Lampung Utara, MINA – Imaam Yakhsyallah Mansyur menejelaskan ada lima macam nikmat yang diberikan Allah Subhanahu Wata’ala kepada manusia sebagai pengingat agar selalu bersyukur kepada-Nya.

Demikian disampaikan Imaam pada silaturahim di Niyabah Ciamis, Kompleks Yayasan Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara, Selasa (9/11).

Kelima macam nikmat tersebut adalah Fitriyah, Ikhtiariyah, Alamiyah, Diiniyah, dan Ukhruwiyah.

Imaam menjelaskan, nikmat pertama adalah Fitriyah, yaitu nikmat bawaan sejak lahir yang berupa fisik yang Allah berikan secara sempurna.

“Apakah orang tua kita harus berdoa dulu supaya anaknya diberikan satu hidung, harus berdoa dulu supaya diberikan dua mata, tidak kan, nah itu adalah nikmat. Fisik yang lengkap adalah nikmat,” katanya.

Kedua, Ikhtiariyah, yaitu nikmat yang kita dapatkan dengan usaha, “Contohnya berupa jodoh, rezeki. Nah, salah satu tugas orang tua adalah mencarikan jodoh untuk anaknya,” tutur Imaam.

Nikmat ketiga ialah ‘Alamiyah, yaitu nikmat berupa alam semesta yang kita dapatkan. Seperti matahari yang masih bersinar pada waktunya dari dulu hingga sekarang, itu adalah sebuah nikmat.

Keempat adalah Diiniyah, yakni nikmat berupa ajaran agama. Seperti bershodaqoh, berinfaq. Beliau juga menekankan bahwa infaq adalah bagian dari nikmat diiniyah maka laksanakan dengan senang hati.

Kelima yaitu nikmat Ukhruwiyah, nikmat yang akan kita dapatkan nanti di surga kelak. ”

“Gunakanlah nikmat itu di jalan Allah sebagai wujud syukur. Kondisi yang baik adalah nikmat,” Tutupnya. (L/sry/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)