Imaam Yakhsyallah Mansur: Tingkatkan Kasih Sayang Sesama Umat Islam

Palembang, MINA – Imaam Yakhsyallah Mansur mengajak umat Islam untuk mengamalkan ayat Ruhama’ Baynahum, sesama umat Islam sebagai bentuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Hal ini disampaikan Yakhsyallah pada 1444 H Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Palembang di Masjid Al-Hijrah, komplek Ponpes Al-Fatah, Borang Sako, Palembang, Ahad, (21/8) bertema “Dengan Semangat Tahun Baru 1444 H, Kita Rapatkan Shaff Ukhuwah Islamiyyah yang Rahmatan Lil ‘Alamin.”

“Saling menyayangi di antara sesama umat. Ruhama Baynahum kepada siapa saja asal mereka Islam (meskipun berbeda Mazhab) harus bersikap rahmat. Rahmat artinya keinginan untuk berbuat baik kepada sesama dengan tanpa mengharap kebaikan kembali kepada dirinya,” katanya.

Baca Juga:  Mulai 2024, Kemendikbudristek Terapkan Penomoran Sertifikat Profesi Nasional

Karenanya, lanjut Yakhsyallah, jangan sampai karena masalah sepele, umat Islam jadi berpecah belah. Kita wajib mewujudkan persatuan umat.

“Jangan terlalu mudah mengeluarkan kata bid’ah, mari kita Ruhama Baynahum. Islam diturunkan Allah untuk dapat turunkan rahmat kepada siapa saja. Agar rahmat turun, muslimin harus bersatu, tidak boleh berpecah-belah. Bahasa agamanya Al-Jama’ah,” katanya.

Menurut Yakhsyallah, umat Islam dalam partai apapun, organisasi apapun harus tetap bersatu. Kalau mazhab itu pilihan. Dalilnya satu, hanya pemahamannya saja yang berbeda.

“Mari berjihad bagaimana supaya Muslimin tidak berpecah belah. Perkecil perbedaan, karena tidak mungkin umat Islam kuat tanpa bersatu,” katanya.

Selain Imaam Yakhsyallah, Sebagai Pembicara pada Tabligh Akbar tersebut adalah, Pembina Lembaga Bimbingan Ibadah dan Penyuluhan Islam (LBIPI) Bogor KH. Abul Hidayat Saerodjie, Dosen UIN Raden Fatah, Sofyan, MHI, Ketua Presidium Aqsa Working Group (AWG), Anshorullah SF.

Baca Juga:  OKI Apresiasi Peran Gambia dalam Membela Rohingya

Ponpes Al-Fatah Borang Sako yang menjadi tempat digelarnya Tabligh Akbar tersebut saat ini baru merintis dengan tarbiyah Raudhatul Athfal (RA) nya. Ditargetkan tahun depan membuka Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz. (L/B03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.