Indonesia Berencana Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Udara

Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Udara (sumber: Anadolu Agency)

Magetan, MINA – Presiden RI Joko Widodo mengatakan Indonesia akan segera menyalurkan bantuan kembali untuk rakyat di Gaza lewat udara.

Menurut Jokowi, salah satu alasan Indonesia mengirimkan bantuan kepada rakyat di Gaza lewat udara adalah karena penyaluran bantuan lewat jalur darat pada saat ini cukup sulit.

“Karena lewat darat sudah sangat sulit. Jadi lewat udara yang tadi kita coba terlebih dahulu, kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules. Dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza, dan di drop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah di simulasi dan saya melihat hasilnya baik,” ujar Jokowi dalam keterangannya seperti dikutip MINA, Ahad (10/3).

Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta Panglima TNI Agus Subiyanto melihat simulasi penyerahan bantuan lewat udara di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (8/3).

Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

Meskipun tidak memberikan rincian tentang kapan bantuan itu akan disalurkan, Jokowi berujar bantuan yang akan dikirimkan nanti merupakan bantuan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh rakyat di Gaza.

Pemerintah Indonesia, tambahnya terus berkomitmen dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

“Ya seperti biasa yang dibutuhkan oleh rakyat Palestina, yang dibutuhkan oleh rakyat di Gaza,” katanya. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.