Iran Salahkan Israel Atas Serangan Natanz, Sumpah “Balas Dendam”

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. (Foto: Al Manaar)

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyalahkan Israel atas kerusakan listrik yang dilaporkan menyebabkan kerusakan besar-besaran pada fasilitas nuklir di Natanz.

Zarif menyatakan bahwa Iran bersumpah untuk “membalas dendam pada Zionis,” Times of Israel melaporkan, Senin (12/4).

“Iran siap mengganti fasilitas itu dengan yang lebih baik dan lebih baru,” demikian  Zarif dalam sidang Komite Keamanan Nasional Parlemen Iran, menurut media Iran.

“Zionis ingin membalas dendam pada rakyat Iran atas keberhasilan Iran mencabut sanksi yang menindas,” kata Zarif, “tetapi kami tidak akan membiarkannya dan akan membalas dendam pada Zionis itu sendiri.”

Zarif mengatakan Israel telah berusaha untuk memblokir pencabutan sanksi internasional terhadap Iran, tetapi “Zionis akan mendapatkan jawaban mereka dengan kemajuan program nuklir Iran lebih lanjut.”

Dia menjelaskan, sentrifugal generasi pertama yang lebih tua yang rusak dalam serangan siber sekarang dapat diganti dengan mesin yang lebih baru dan lebih baik.

“Sekarang Natanz bisa penuh dengan sentrifugal canggih,” katanya.

Diplomat tinggi Iran itu juga mengatakan kepada anggota parlemen, perlindungan yang lebih baik diperlukan di situs-situs sensitif untuk mencegah insiden seperti itu terjadi lagi. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)