Ismail Haniyah Bertemu Menhan Malaysia di Qatar

Doha, MINA – Kepala Biro Politik Hamas melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu di Doha, Qatar, Ahad (19/1).

Dalam pertemuan tersebut kedua pihak membahas sejumlah isu penting terkait keduanya dan penguatan hubungan bilateral.

Di hadapan Mohamad Sabu Haniyah memuji sikap Malaysia dalam masalah Palestina yang diungkapkan Perdana Menteri Mahathir Mohamad dalam pidatonya di PBB.

Rakyat Malaysia, tutur Haniyah, berperan penting dalam mengurangi blokade di Jalur Gaza melalui kunjungan-kunjungan yang dilakukan para delegasi Malaysia.

Haniyah melakukan tur ke luar negeri sejak 2 Desember, dimulai dengan kunjungan ke Kairo, betemu sejumlah pejabat di Mesir dan Sekretaris Jenderal Gerakan Jihad Islam Ziyad al-Nakhleh.

Sebelum tiba di Doha pada 15 Desember, Haniyah mengunjungi Istanbul Turki selama sepekan. Ia mengadakan serangkaian pertemuan, di antaranya dengan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan.

Selain itu Haniyah juga pergi ke Iran untuk menyampaikan belasungkawa atas tewasnya Jendereal Elitnya Qassem Soleimani akibat serangan Amerika di Baghdad. Kemudian ia melawat ke Oman untuk menyampaikan belasungkawa kepada Sultan Qaboos Al Saeed dan mengucapkan selamat kepada Sultan Tariq Al Said yang baru.

Ini adalah kunjungan luar negeri pertama Haniyah sejak ia terpilih sebagai kepala Biro Politik Hamas pada tahun 2017. (T/RA02/RS2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: توفيق

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.