Israel Serbu Makam Gerbang Rahmah di Al-Quds

, 24 Muharram 1438/25 Oktober 2016 (MINA) – Tentara menyerbu Gerbang Rahmah yang menempel dengan dinding timur Masjid Al-Aqsha di Kota Al-Quds , Ahad (23/10).

Pusat Informasi Palestina melaporkan, tentara Israel mengawal ketat Otoritas Purbakala Israel yang menyerbu makam tersebut dan menghancurkan sebagian kuburannya. Salah seorang satpam Masjid Al-Aqsha ditangkap dan kemudian dibebaskan beberapa saat setelah penyerbuan tersebut.

Pemakaman Gerbang Al-Rahmah atau disebut Bab Al-Rahmah, yang artinya pintu kasih sayang, membentang di sepanjang dinding timur Masjid Al-Aqsha dan telah digunakan selama lebih dari 1.000 tahun.

Berulangkali tentara Israel melakukan penganiayaan dan penodaan terhadap makam kaum Muslimin di Al-Quds, khususnya makam Mamanillah.

Kepala Komite Restorasi Pemakaman di Al-Quds, Mustafa Abu Zahra mengkritik keras berbagai upaya pembongkaran makam di tenapat bersejarah Islam itu. Dia menyebutkan hal tersebut sebagai “serangan” terhadap kesucian tempat ibadah umat Islam.

Abu Zahrah menjelaskan, makam tersebut termasuk Wakaf umat Islam, siapa pun tidak berhak membongkar dan menggunakannya.

“Ratusan syuhada umat muslim Palestina dimakamkan di tempat itu. Tempat tersebut memiliki sejarah penting tokoh-tokoh perjuangan umat Islam,” tegasnya. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.