Jakarta-Berlin Lakukan Kerjasama Proyek “Perubahan Cerdas”

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Negara Bagian bekerjasama menjalankan proyek “Perubahan Cerdas : Pengembangan Tata Kelola Perkotaan, Kesejahteraan dan Inovasi di Jakarta”.

Proyek yang didanai oleh Uni Eropa itu bertujuan untuk memajukan tata pemerintahan yang baik dan pembangunan kota berkelanjutan di Jakarta sesuai dengan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 melalui kemitraan kota Jakarta, Berlin dan Bangkok.

Kepala Badan Layanan Umum Daerah Jakarta , Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha, menjelaskan pada Senin (20/7), sebagai langkah awal kerja sama ini, Program Perubahan Cerdas mengadakan sayembara digital untuk mengajak warga Jakarta mengembangkan solusi kreatif dalam menghadapi situasi pascapandemi.

“Melalui Future City: The Virtual Smart City Hackathon, para inovator lokal dan global diajak untuk menawarkan solusi yang dapat menjawab tantangan-tantangan di era pasca pandemi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Hackathon dirancang untuk memotivasi dan membantu para peserta memperluas jaringan mereka dengan mengembangkan solusi yang berkaitan dengan tantangan-tantangan pemulihan pandemi melalui referensi dari berbagai tenaga ahli, yang nantinya akan terintegrasi dengan program dan layanan Jakarta Smart City.

Peserta juga akan mendapatkan kesempatan konsultasi, dan bimbingan dengan para pebisnis, tenaga ahli dan pemodal ventura.

“Tantangan-tantangan selama Hackathon berlangsung akan memuat 7 indikator dari konsep Kota Cerdas di Jakarta, yakni Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, Smart Environment, dan Smart Branding” kata Yudhistira.

Yudhistira menambahkan, untuk membantu para peserta dalam mengembangkan solusinya, akan diselenggarakan paparan dari para ahli terkait 7 indikator tersebut agar solusi yang ditawarkan menjawab tantangan pemulihan Jakarta pasca pandemi.

Pihaknya berharap, dengan prototipe yang dikembangan selama Hackathon, budaya kolaborasi dan inovasi bersama Jakarta Smart City akan semakin terbangun. (T/R7/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.