Jaksel Bersiap Selenggarakan Festival Muharam

Jakarta, MINA – Ratusan warga di Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), siap untuk meramaikan Festival Muharam, diri dengan berlatih koreo serta yel-yel di halaman Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jumat (30/8).

Wali Kota Marullah Matali mendukung penuh gelaran ini.

Berbicara mengenai Muharam, Marullah mengatakan kesempatan ini merupakan salah satu momen untuk meraih sesuatu yang lebih baik lagi.

“Hari ini harus lebih bagus dari hari kemarin. Maknanya itu. Kedua, di bulan Muharram itu sering orang identifikasi bulan di mana seseorang banyak mendapatkan pencerahan. Ketiga bulan Muharam itu diidentifikasi dengan hari-hari di mana kita bisa mempersembahkan kepedulian kepada orang yang kurang mampu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan, Imron, mengatakan peserta berjumlah 500 orang dengan rincian 400 orang pembawa obor dan 100 orang pemusik serta Abang None.

“Latihan diikuti peserta dari perwakilan masyarakat di tiap kecamatan se-Jakarta Selatan, dan juga diikuti dari sekolah-sekolah yang terpilih. Mereka penuh semangat dan antusias dalam mengikuti persiapan ini,” tuturnya.

Pelatih koreografi Kang Udin mengatakan dalam latihan ini, pertama mereka lebih dahulu memperkenalkan diri, membangun kerja sama, mengawali perkenalan gerak dengan koreo yang gampang dan mudah digerakkan.

“Latihannya hanya di hari ini saja. Harapan saya supaya dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal. Sehingga Jakarta Selatan memiliki sesuatu kekhasan kota yang agamis, melalui tampilan seni budaya dalam berpartisipasi di event Muharam Jakarta Festival,” ucapnya.

Salah satu peserta dari SMAN 26 Jakarta,Raffa, mengaku sangat senang bisa terlibat dalam acara ini. “Seneng banget, karena ini merupakan salah satu acara yang mungkin bisa membuat semakin solid, menjaga persatuan dan kesatuan juga. Ini bukan dari kalangan SMA aja, banyak teman-teman dan bapak-bapak semua yang diikutsertakan. Insyaallah sukses,” tandasnya. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)