Jokowi Ucapkan Selamat kepada PM Baru Malaysia Muhyiddin Yassin

Kuala Lumpur, MINA – Presiden RI Joko Widodon (Jokowi) mengucapkan selamat atas pelantikan sebagai Perdana Menteri baru Malaysia.

Jokowi mengucapkan itu melalui panggilan telepon dari Jakarta pada Ahad (1/3) pkl. 20.06 malam.

Jokowi memberikan jaminan untuk senantiasa bersedia bekerjasama bersama pemerintahan Malaysia di bawah Muhyiddin. Kantor Berita Malaysia Bernama melaporkan.

“Atas nama bangsa Indonesia saya ingin mengucapkan selamat atas pelantikan Yang Amat Berhormat Tan Sri Muhyiddin Yassin oleh Yang di-Pertuan Agong sebagai perdana menteri kedelapan,” ucapnya.

“Pemerintah Indonesia siap bekerjasama dengan pemerintahan Yang Amat Berhormat Tan Sri Muhyiddin untuk memperkuat hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia yang sudah terjalin baik selama ini,” kata Jokowi kepada Muhyiddin.

Menjawab ucapan itu, yang disaksikan wartawan dari Bernama dan RTM, Muhyiddin akan terus memperkokoh hubungan baik kedua negara.

“Saya sebagai perdana menteri Malaysia yang baru akan meneruskan, bahkan mengokohkan lagi hubungan,” ujar Muhyiddin.

“Ini hubungan yang amat istimewa kerana kita selalu disebutkan serumpun bangsa dan kami amat menghargai segala usaha yang telah Bapak lakukan, malahan kagum dengan kejayaan Bapak sejak memimpin Kabinet baharu Indonesia,” katanya.

Kedua pemimpin itu turut mengundang untuk berkunjung ke negara masing-masing.

Pada hari yang sama, Muhyiddin juga menerima ucapan telepon dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Dalam perbincangan itu, Lee menyatakan hubungan dua Negara Malaysia dan Singapura yang terjalin baik selama ini akan terus diperkokohkan.

“Hubungan dengan Singapura senantiasa terjalin baik, dan kini sudah tentu tugas besar saya adalah untuk memperkokohkannya lagi,” jawab Muhyiddin.

Sambil mengucapkan “Selamat maju jaya”, Perdana Menteri Singapura itu menyatakan keyakinannya terhadap kemampuan Muhyiddin memimpin negara atas dasar pengalamannya yang luas dalam arena politik dan pengelolaan negara.

Sesama Negara kawasan Asia Tenggara lainnya, Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina juga memberi selamat kepada timpalannya dari Malaysia, Muhyiddin Yassin atas pelantikan jabatannya dan menyampaikan kepadanya dukungan penuh dari pemerintahnya serta rakyat Bangladesh.

Dalam sebuah surat yang dikirim ke Perdana Menteri Malaysia pada hari Ahad, Hasina juga menyebut keyakinannya bahwa orang-orang Malaysia yang berkhidmat sepanjang karier politiknya patut dicontoh. Salinan surat itu diperoleh media setempat Tribune Dhaka.

Hasina juga berterima kasih kepada pemerintah Malaysia atas dukungannya kepada Rohingya yang dianiaya dan dipaksa, banyak dari mereka saat ini ditampung di kamp-kamp pengungsi Cox’s Bazar, Bangladesh. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)