Kadisbintalad: Bimbingan Manasik Haji dan Umrah itu Penting

Jakarta, MINA – Bimbingan manasik dan merupakan hal sangat penting bagi umat Islam yang akan melaksanakan ibadah haji dan umrah sebagai bekal kesempurnaan pelaksanaan haji dan umrah sesuai dengan syariat Islam.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pembinaan mental Angkatan Darat (Kadisbintalad) Brigjen TNI Asep Syaripudin dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Disbintalad Kolonel Arm Umar Sanusi, pada acara pembekalan bimbingan haji dan umrah yang dilaksanakan di Madisbintalad, Jakarta, Kamis (19/9).

Ia mengatakan, ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang memiliki kemampuan secara materi, lahiriah dan batiniah.

Selain itu, imbuh dia, setelah adanya bimbingan ini diharapkan dapat menjadikan referensi bagi prajurit dan PNS besertanya keluarganya yang akan menunaikan ibadah haji dan umrah.

Pada bimbingan haji dan umrah yang dilaksanakan selama satu hari ini diikuti oleh perwakilan personel jajaran Balakpus TNI AD, Bintal Kostrad, Bintal Kopassus, Bintal Kodam Jaya serta DKM binaan Disbintalad.

Pada kesempatan yang sama di hadapan peserta pembekalan, Letkol Inf Asep Tatang Soemantri mengatakan, agar pelaksanaan ibadah haji dan umrah menjadi sempurna, para calon jamaah perlu mendapatkan bekal pengetahuan berbagai hal yang wajib dilaksanakan maupun yang sunnah agar menjadi haji yang mabrur.

“Termasuk ketentuan-ketentuan apa saja yang harus dipatuhi selama pekasanaan ibadah haji dan umrah, karena semuanya diatur oleh pemerintah Arab Saudi, tempat ibadah haji dan umrah dilaksanakan,“ katanya. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.