Kantor Teknis Haji KJRI Jeddah, Pusat Informasi dan Komunikasi Haji

Petugas .(Foto: )

Jakarta, 17 Syawwal 1438/11 Juli 2017 (MINA) – Kantor Teknis Haji (STH) Konsulat Jenderal Republik Indonesia () di Jeddah merilis , serta SMS dan WA center untuk penyelenggaraan ibadah haji 1438H/2017M.

Staf Teknis Haji I Ahmad Dumyati Basori mengatakan, kedua nomor yakni Call Center: 9200 1 3210; SMS dan WA Center: 050 35000 17 ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi antara jamaah dengan petugas bila ada kebutuhan layanan. Begitu juga bagi orang lain saat mengetahui keberadaan jamaah yang membutuhkan layanan.

“Kita akan standby 24 jam selama musim haji,” terang Dumyathi melalui sambungan telepon, Selasa (11/7), sebagaimana keterangan pers Kemenag yang dikutip MINA.

Agar bisa diketahui sejak awal oleh jamaah, lanjut Dumyathi, nomor-nomor telepon ini sengaja disosialisasikan sejak sekarang. Nantinya, pengumuman nomor ini juga akan dibuat dalam bentuk stiker dan spanduk yang ditempel di hotel jamaah haji Indonesia dan bus shalawat.

“Harapannya ini menyebar luas dan mudah diketahui sehingga dapat dimanfaatkan oleh jamaah bila membutuhkan layanan,” ujarnya.

“Informasi dari jamaah, nantinya akan segera diproses oleh tim call center dan didistribusikan kepada para temus setelah dilakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan,” sambungnya.

Proses penyelesaian masalah juga akan dipantau melalui alat komunikasi sejenis Walkie Talkie (Bravo) dan tracking petugas melalui aplikasi Siskoppih (Sistem Informasi dan Komunikasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji). “Aplikasi ini sudah tersedia dan bisa didownload di playstore,” tambahnya. (T/R01/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)