Kapal Pertama Pengangkut Biji-Bijian Ukraina Lolos Pemeriksaan di Turki

Istanbul, MINA – Kapal pertama pengangkut biji-bijian Ukraina dinyatakan tak ada masalah dalam pemeriksaan di Istanbul, Rabu (3/8), sehingga dapat melanjutkan pelayarannya ke Lebanon.

Pemeriksaan kapal bernama Razoni yang berbendera Sierra Leone itu dilakukan oleh 20 inspektur dari PBB, Turki, Ukraina, dan Rusia selama kurang dari 90 menit, Al Jazeera melaporkan.

“Para inspektur melakukan pemeriksaan ulang dokumen dan produk yang diangkut sebelum kapal itu meninggalkan pelabuhan Odessa.”, kata Sinem Koseoglu dari Al Jazeera.

“Hari itu adalah hari yang bersejarah mengingat pemeriksaan tersebut merupakan tugas  yang sulit bagi tim pusat koordinasi gabungan,” tambahnya.

Kapal yang membawa lebih dari 26.000 ton jagung itu akan melintasi laut Marmara dan Aegean sebelum tiba di Lebanon.

Ukraina merupakan produsen terbesar minyak bunga matahari di dunia dan juga produsen utama biji-bijian sehingga penghentian ekspor menyebabkan harga pangan global melonjak drastis.

Kementerian Infrastruktur Ukraina mengatakan ada 17 kapal lain yang penuh bahan pangan dan menunggu izin untuk meninggalkan Ukraina. (T/ri/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.