KBRI Yangon Serahkan Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar

Foto: KBRI Yangon

Yangon, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Yangon menyerahkan bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar di warehouse Myanmar Red Cross Society (MRCS).

Duta Besar RI untuk Myanmar, Iza Fadri menyerahkan secara resmi kontribusi Indonesia kepada Direktur Operasi AHA Centre Yangon, Sithu Pe Thein dan disaksikan oleh Deputi Sekretaris Jenderal MRCS, Tin Tun Aung.

Menurut keterangan pers , Senin (4/10), paket-paket terdiri dari masker KN95, alat pelindung diri (APD) dan sarung tangan medis senilai USD200.000.

Kontribusi Indonesia termasuk dalam skema ASEAN Humanitarian Assistance yang tiba di Myanmar pada 26 September 2021.

MRCS memastikan, semua bantuan akan diserahkan langsung kepada rumah sakit dan komunitas-komunitas yang membutuhkan di seluruh Myanmar.

Gelombang pertama dukungan ASEAN sebagian besar diterima pada September 2021, sementara itu bantuan yang masih akan datang antara lain dari Temasek Foundation, India dan Kanada.

Indonesia berkomitmen untuk membantu masyarakat Myanmar secara maksimal. Dubes Iza juga percaya, MRCS sebagai pelaku di lapangan lebih mengetahui kebutuhan dan kondisi faktual masyarakat.

Oleh karena itu, ASEAN melalui AHA Centre bekerja sama dengan MRCS untuk memudahkan penyaluran bantuan mengingat MRCS telah memiliki jejaring di penjuru Myanmar serta bekerja sama dengan organisasi internasional termasuk palang merah berbagai negara.

MRCS saat ini memiliki warehouse di setiap daerah dan negara bagian Myanmar. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.