KBRI Yordania Rayakan HUT RI ke-74 dengan Pesta Rakyat

Amman, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amman, Yordania merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 dengan menyelenggarakan pesta rakyat.

Sebelumnya diselenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih mulai pukul 07.00 pagi waktu setempat.

Perayaan HUT ke-74 RI yang diselenggarakan KBRI Amman pada tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan Upacara Pengibaran bendera dan Pesta Rakyat dilakukan di luar premis KBRI Amman sehingga lebih megah dan semarak. Demikian keterangan dari KBRI Amman.

Dengan kapasitas tempat yang lebih luas, jumlah WNI yang hadir mengikuti Upacara Bendera dan Pesta Rakyat lebih banyak.

Duta Besar RI Andy Rachmianto menyampaikan bahwa Perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia yang diselenggarakan di luar premis KBRI Amman merupakan sebuah preseden baru yang positif.

“Pelaksanaan Upacara Bendera tahun ini sangat berkesan karena dihadiri masyarakat Indonesia dengan jumlah yang lebih besar. Selama ini antusiasme masyarakat Indonesia di Yordania untuk menghadiri upacara peringatan HUT RI sangat tinggi namun terkendala dengan kapasitas KBRI yang terbatas,” ujar Andy.

“Pelaksanaan Upacara Bendera sangat penting khususnya untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air para diaspora dan mahasiswa Indonesia di Yordania, termasuk juga bagi pasukan pengibar bendera (paskibra) KBRI Amman,” tambahnya.

Acara ini turut dimeriahkan oleh Nissa Sabyan yang membawakan sejumlah lagu-lagu Gambus bernuansa Islami dan Shalawat Nabi dihadapan sekitar 400 WNI di Yordania

Sekitar delapan gerai makanan juga turut memeriahkan acara dengan menyajikan makanan-makanan tradisional, seperti es cendol, pempek, dan mie ayam baso.

Turut hadir sejumlah Duta Besar negara-negara ASEAN, Presiden Asosiasi Persahabatan Yordania-Indonesia, serta para pejabat Yordania alumni Lemhanas. Upacara berjalan dengan khidmat dan dihadiri sekitar 200 warga diaspora Indonesia dari kalangan pekerja migran dan mahasiswa. (R/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)