Kebakaran Hutan Riau Ancam Kesehatan Warga

Pekanbaru, Riau – Kembakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau menimbulkan asap tidak sehat bagi warga setempat  dan mengancam kesehatan.

Koordinator Kesehatan Dompet Dhuafa Riau Ridia Wulandari memimpin kegiatan layanan kesehatan cuma-cuma kepada warga yang berdampak kabur asap mulai Jumat (20/9) sore hingga Sabtu (21/9) di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Puluhan warga berbondong-bondong hadir untuk mengecek kesehatan mereka yang didominasi lansia dan anak-anak. Mereka mendapatkan pemeriksaan dari dokter dan layanan oksigen.

Menurutnya, kebanyakan warga mengeluhkan sesak nafas, pusing dan batuk-batuk, yang merupakan indikasi Inspeksi saluran pernapasan (ISPA).

“Saat ini tim Disaster Managament Center (DMC) telah disebar di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Sebanyak 43 personel yang tergabung dalam Tim DMC 8 orang, Tim Kaimantan timur 7 orang, Tim Sumatera Selatan 15 orang, Tim Riau 6 orang,” jelas Ridia.

Selain aksi layanakan kesehatan, tim DD Riau juga melakukan pembagian masker kepada warga serta hiburan edukatif kepada anak-anak berupa dongeng. (R/Gun/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)