Kejurnas Virtual Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi 2020

Solo, MINA – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Vitual Pencak Silat Kategori Tunggal dan Regu Antar Perguruan Tinggi tahun 2020 telah dilaksanakan dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi tuan rumah.

Kejurnas tersebut diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci UNS yang bertempat di Aula Pascasarjana UNS.

Pembina UKM Tapak Suci UNS, Rony Syaifullah mengatakan, sesuai dengan tema yang diusung “Break To The Limit To Be a Winner”, Kejurnas bertujuan untuk meningkatkan semangat para pesilat bahwa keterbatasan kondisi pandemi bukan alasan untuk berhenti berprestasi. Demikian dalam keterangan pers yang diterima MINA, Rabu (23/9).

Peserta Kejurnas berasal dari 11 Provinsi di Indonesia, dengan rincian dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Papua serta diikuti oleh 14 universitas dengan jumlah total 69 atlet yang berpartisipasi.

“Mengingat kegiatan ini masih berada di masa pandemi, semua panitia dan juri yang bertugas tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” kata Rony.

Kejurnas diawali dengan pembukaan melalui zoom meeting dan disiarkan langsung di kanal Youtube Fakultas Keolahragaan UNS. Kejurnas Virtual Pencak Silat tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Kuncoro Diharjo.

Dalam Kejurnas tersebut, sebagai tuan rumah UNS menyumbangkan tujuh medali untuk juara 1 dan juara harapan 2 kategori tunggal putra, juara 1 dan juara harapan 3 kategori tunggal putri, juara 2 dan juara 3 kategori regu putra, juara 3 dan juara harapan 2 kategori regu putri.

“Prestasi ini patut diacungi jempol dan saya sangat mengapresiasi Tim UNS yang banyak mendapat juara meski dalam suasana pandemi Covid-19,” ucap Rony.

Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS, Sapta Kunta Purnama juga memberikan apresisasi dan ucapan terima kasih kepada 14 universitas yang telah berpartisipasi pada Kejurnas tersebut.

“Meski dalam kondisi pandemi, namun tetap antusias dalam mengikuti kejuaraan ini. Dan alhamdulillah Kejurnas berlangsung dengan lancar,” ujar Sapta. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)