Kemenag Akan Gelar Konferensi Internasional Keagamaan dan Pendidikan di Tangerang

Tangerang, MINA – Balitbang dan Diklat akan menggelar tentang keagamaan dan pendidikan atau International Conferece on Religion and Education (INCRE).

Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag, Abd Rahman Mas’ud mengatakanKonferensi digelaran perdana di Bintaro, Tangerang, 8-10 Oktober 2019, Jumat (4/10).

Rahman Menjelaskan, INCRE 2019 akan mempertemukan para tokoh agama dan pakar pendidikan dunia, demikian rilis Kemenag.

Menurutnya, ada tiga tujuan dari pertemuan ini. Pertama, menguatkan sikap moderasi beragama sesama negara ASEAN melalui pendidikan agama.

Kedua, merumuskan pemikiran tentang agama dan pendidikan agama yang mampu merespon tantangan dunia kotemporer.

“Tujuan ketiga, mendialogkan berbagai pemikiran agama dan pendidikan agama dalam menjawab permasalahan kekinian,” ujarnya.

INCRE 2019 rencananya akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga akan menyampaikan Keynote speech. Dalam plenary session, akan hadir sejumlah narasumber, antara lain: Prof. Mounir Rousiss (Dekan Fakultas Ushuludin Universitas Zaitunah Tunisia), Prof. Azyumardi Azra, MA (Guru Besar UIN Jakarta), Prof. Abd. Rahman Mas’ud, Ph.D. (Kepala Badan Litbang dan Diklat). Akan hadir juga narasumber dari 10 Negara ASEAN (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brunei, Timor Leste dan Philipina).

Lanjutnya, kegiatan ini, dilengkapi dengan presentasi 80 makalah terpilih dari kegiatan call for paper. Diperkirakan, akan hadir 120 peserta aktif dan 80 peserta undangan saat pembukaan. (R/Gun/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.