Kemenag Gelar Gebyar Muharram Bertajuk Spirit 1445 Hijriah

Direktur Penerangan Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Zayadi. (Foto: BAZNAS)

Jakarta, MINA – Menyambut 1 1445 H. Kementerian Agama () akan menggelar Gebyar Muharram bertajuk Spirit 1445 Hijriah: Merawat Kerukunan, Perkokoh Semangat Kebangsaan.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi mengatakan, gelaran tersebut akan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag, Selasa-Kamis (25-27 Juli 2023) yang dihelat secara luring dan daring melalui kanal YouTube Bimas Islam TV, demikian keterangan yang diterima MINA.

Ahmad menjelaskan, ada berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445H. Diantaranya; santunan anak yatim, pentas seni dan budaya Islam, dan launching Kampung Moderasi Beragama (KMB). Ada juga Dialog Ormas Kepemudaan Islam hingga pameran seni kaligrafi.

“Selain itu, dalam Gebyar Muharam nanti ada refleksi dan hikmah tahun baru yang akan disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kegiatan ini juga akan diisi dengan salawat oleh Juara 1 Festival Salawat 2023 dan dimeriahkan penampilan seni tradisi Islam,” katanya, Selasa (18/7).

“Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mengisi tahun baru hijriah dengan hal-hal positif. Mari kita jadikan momen tahun baru hijriah sebagai momen meningkatkan kesadaran sosial di kalangan umat beragama di Indonesia. Kita harus terus memperkuat semangat kebangsaan dan menciptakan lingkungan yang harmonis dalam konteks Indonesia yang beragam suku, budaya, bahasa, dan agama,” imbuhnya.

Subdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadist akan menghadirkan qari internasional untuk melantunkan Haflatul Qur’an yang dipimpin Dewan Hakim Internasional, Said Agil Husin Al-Munawar.

Selain itu, Subdit Kemitraan Umat Islam akan menggelar sesi Dialog Ormas Kepemudaan Islam bersama Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Dalam sesi ini, juga akan dihadirkan narasumber Husein Bin Ja’far Al Hadar, Nuruzzaman, dan Islah Bahrawi.

Selanjutnya, bersama Wakil Menteri Agama juga akan dihelat Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) secara serentak di seluruh Indonesia. Akan ada sekitar 1.000 Kampung Moderasi Beragama di seluruh Indonesia.

Kemudian Subdit Seni, Budaya, dan Siaran Keagamaan Islam akan memeriahkan acara dengan kesenian Ki Ageng Ganjur yang dibawakan oleh Ngatawi Al-Zastrow. Selain itu, akan ada orasi moderasi beragama yang dibawakan Alissa Wahid. Ikut memeriahkan acara, penampilan Palang Pintu, Juara Selawat dari Banten, serta Bengkel Kaligrafi.

“Secara teknis, yang mengonsolidasi dan mengoordinasi kegiatan ini adalah Subdirektorat Dakwah dan Hari Besar Islam. Mudah-mudahan acara ini berjalan lancar,” ujar Kasubdit Dakwah dan Hari Besar Islam, Lubenah.

Dharma Wanita Persatuan Ditjen Bimas Islam Kemenag bekerja sama dengan BAZNAS juga akan mengundang 250 anak yatim untuk merayakan tahun baru hijriah ini dengan tema senyum yatim, senyum Indonesia. Pada acara ini akan ada prosesi penyerahan santunan dan pemberian bingkisan alat sekolah dan sejumlah suvenir lainnya. (R/R8/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.