Kemenristekdikti Kembangkan Inovasi Nilam di Aceh Jaya

Nilam

Jakarta, MINA –  Sebagai upaya meningkatkan potensi ekonomi daerah berbasis inovasi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Tinggi () mengembangkan Klaster Inovasi di berbagai wilayah Indonesia.

Salah satu klaster inovasi yang dikembangkan adalah Klaster Inovasi Nilam di Kabupaten Aceh Jaya, yang sudah masuk tahap implementasi. Program unggulan tersebut diharapkan meningkatkan kekuatan ekonomi petani nilam di kawasan Aceh Jaya dan sekitarnya.

Bupati Aceh Jaya, Teuku Irvan TB menindak lanjuti program Klaster Inovasi Daerah Minyak Nilam dengan melakukan kunjungan kerja ke Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti.

“Kedatangan kami untuk menindaklanjuti program Klaster Inovasi Daerah Minyak Nilam yang sudah masuk tahap implementasi pengembangan klaster inovasi, dan pendampingan implementasi oleh Tim Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti,” kata Teuku Irvan dalam keterangan pers yang diterima MINA, Jumat (6/10) malam.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis

Bupati Aceh Jaya menuturkan, program unggulan nilam ini  sangat membantu para petani nilam yang sudah ada sejak lama, sehingga minyak nilam ini bisa bangkit kembali menjadi pilar kekuatan ekonomi bagi para petani nilam.

“Selain itu tentunya juga  saya akan menyiapkan  pengalokasian lahan dan program yang sesuai,” ujar Teuku Irvan.

Sementara Kasubdit Pengembangan Sistem dan Jaringan Inovasi, Wihatmoko Waskitoaji mengatakan, nilam Aceh merupakan nilam terbaik dunia yang memiliki kandungan Patchouli Alkohol (PA) di atas 30%.

“Indonesia merupakan pemasok 90% kebutuhan minyak nilam dunia, dan 70% diantaranya pernah berasal dari Aceh. Hingga saat ini minyak nilam Aceh sangat dibutuhkan sebagai bahan blending minyak nilam Indonesia dari daerah lainnya,” tutupnya. (R/R09/RI-1)

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.