Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kementerian Kesehatan Gaza Beri Vaksinasi Polio Lebih dari 72.000 Anak

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - Senin, 2 September 2024 - 14:11 WIB

Senin, 2 September 2024 - 14:11 WIB

17 Views

Program vaksinasi polio massal untuk anak-anak terus berlanjut di Jalur Gaza, mencakup ribuan anak di tengah perang 1-4 September 2024. (Foto: Anadolu)

Gaza, MINA – Kementerian Kesehatan Gaza mengumumkan, mereka berhasil memvaksinasi lebih dari 72.000 anak pada hari pertama kampanye vaksinasi polio, meskipun Israel terus melancarkan serangan.

“Tim medis di wilayah tengah (Jalur Gaza) berhasil memvaksinasi 72.611 anak pada hari pertama kampanye vaksinasi polio darurat,” kata kementerian tersebut di Telegram, Ahad (1/9). Anadolu melaporkan.

Seorang koresponden Anadolu mencatat bahwa ribuan warga Palestina mendatangi pusat-pusat yang diumumkan di wilayah tersebut untuk memvaksinasi anak-anak mereka yang berusia di bawah 10 tahun.

Menurut tim medis yang mengawasi kampanye vaksinasi di Deir al-Balah, tanda-tanda kelelahan dan kekurangan gizi terlihat pada ratusan anak yang menerima vaksinasi karena kondisi sulit yang mereka alami akibat perang yang terus berlangsung di Jalur Gaza selama hampir 11 bulan.

Baca Juga: Israel Bunuh 173 Jurnalis Palestina Sejak Oktober 2023 

Kampanye vaksinasi yang dilakukan bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), dan badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), dimulai di Rumah Sakit Nasser setelah konferensi pers bersama oleh organisasi-organisasi tersebut.

Majdi Duhair, Kepala Komite Teknis yang mengawasi upaya vaksinasi, mengatakan pada Sabtu bahwa kampanye tersebut akan difokuskan pertama kali di Gaza tengah pada 1-4 September, diikuti oleh Khan Younis pada 5-9 September, dan akan berakhir di Kota Gaza dan wilayah utara pada 9-12 September.

Kampanye tersebut dilakukan di tengah krisis kemanusiaan yang parah di Gaza, di mana konflik Israel yang sedang berlangsung dengan kelompok Hamas Palestina dan blokade Israel terhadap daerah kantong tersebut. Blokade telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan pasokan medis yang kritis. Kondisi yang memburuk telah meningkatkan kekhawatiran tentang potensi wabah penyakit, termasuk polio.

Urgensi kampanye tersebut ditegaskan oleh konfirmasi kasus polio pertama di Gaza dalam 25 tahun pada seorang anak berusia 10 bulan pada Agustus. Pada 16 Agustus, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan gencatan senjata kemanusiaan selama tujuh hari untuk memungkinkan vaksinasi 640.000 anak, permintaan yang didukung oleh UNRWA.

Baca Juga: Israel Gali Parit di Perbatasan Yordania

Kampanye vaksinasi polio berlangsung di tengah serangan militer Israel yang terus berlanjut di Gaza, yang telah mengakibatkan lebih dari 40.700 kematian warga Palestina dan lebih dari 94.000 cedera sejak 7 Oktober tahun lalu. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Rebut Apartemen Palestina di Yerusalem

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Kolom
Palestina
Palestina