KEMLU BERDUKA ATAS WAFATNYA DUBES BURHAN MUHAMMAD

Kementerian Luar Negeri RI telah kehilangan salah satu diplomat terbaiknya, Duta Besar Burhan Muhammad yang menutup usia pada tanggal 19 Mei 2015 Pukul 00.50 waktu setempat di General Hospital Singapora pada usia 58 tahun
Kementerian Luar Negeri RI telah kehilangan salah satu diplomat terbaiknya, Duta Besar yang menutup usia pada tanggal 19 Mei 2015 Pukul 00.50 waktu setempat di General Hospital Singapora pada usia 58 tahun

Jakarta, 1 Sya’ban 1436/19 Mei 2015 (MINA) – “Innalillahi Wa Innailaihi Rajiun. Kementerian Luar Negeri RI telah kehilangan salah satu diplomat terbaiknya, Duta Besar Burhan Muhammad yang menutup usia pada tanggal 19 Mei 2015 Pukul 00.50 waktu setempat di General Hospital Singapura pada usia 58 tahun,” kata Menlu Marsudi saat menyampaikan pernyataan belasungkawa di press statement di Ruang Palapa, RI (19/5) seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Tampil berbaju dan berkerudung hitam, Menlu Retno menerangkan bahwa Burhan Muhammad meninggalkan dua orang putra, Pittra Amrullah dan Yoga Sulistya yang saat ini bersama dengannya di Singapura.

“Jenazah Dubes Burhan Muhammad akan tiba di Jakarta pada sore hari ini dan akan disemayamkan di Gedung Pancasila Kemlu RI untuk mendapatkan penghormatan terakhir. Selanjutnya, jenazah akan dibawa ke Yogyakarta ke tempat peristirahatan terakhir,” lanjut Menlu Retno.

Menlu Retno menyampaikan belasungkawa yang sedalam–dalamnya atas meninggalnya Dubes Burhan Muhammad. “Semoga amal ibadah dan pengabdian almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan dikuatkan,” tambahnya.

Dubes Burhan Muhammad dunia setelah berjuang selama 8 hari di Singapore General Hospital. Ia dirawat sejak tanggal 12 Mei 2015 akibat kecelakaan helikopter yang terjadi di Girgit Baltistan, Pakistan pada tanggal 8 Mei 2015 yang lalu.

Dubes Burhan Muhammad menyusul mendiang Heri Listyawati yang telah dimakamkan pada tanggal 15 Mei 2015 di Yogyakarta.

Lahir di Yogyakarta pada tanggal 3 Agustus 1957, Dubes Burhan Muhammad mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Gajah Mada jurusan Hubungan Internasional pada tahun 1983.

Ia meniti karir di Badan Intelijen Negara hingga menjabat sebagai Deputi Luar Negeri dan Deputi Analisa BIN pada tahun 2012. Dubes Burhan Muhammad resmi bertugas sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Islam Pakistan yang berkedudukan di Islamabad semenjak menyerahkan surat–surat kepercayaan pada tanggal 12 November 2012. (L/P007/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Septia Eka Putri

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0