Koordinator Biro Jodoh Jambi: Jangan Takut Nikah Meski Belum Baik Finansial

Tebo, Jambi, MINA – Pemuda hendaknya tidak takut memutuskan untuk segera menikah meski dalam keadaan finansial yang belum baik.

Demikian disampaikan Koordinator Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jambi, sebagaimana dilaporkan kontributor MINA Jambi, Huria Lu’luul Jannah, di hadapan ratusan peserta Taklim Syubban (Pemuda) di Masjid At-Taqwa Komplek Ponpes Al-Fatah Rimbo Bujang, Tebo, Jambi, Sabtu (10/9) malam.

Dalam kitab Bulughul Maram, Bab Nikah dijelaskan bahwa pemuda yang sudah mampu menikah hendaknya menikah, tidak menunda hanya karena urusan finansial.

“Rasulullah Saw bersabda,”Hai kaum muda, barangsiapa dari kalian mampu menikah, maka hendaklah ia menikah. Karena sesungguhnya menikah itu lebih bisa menundukkan pandangan mata dan lebih dapat menjaga kemaluan. Dan barangsiapa belum mampu menikah, maka hendaklah ia berpuasa sunah, karena puasa itu menjadi obat,” ujarnya mengutip dari HR. Al-Bukhari dan Muslim.

Memang kata Suripto, kadang ada saja ketakutan seorang pemuda untuk memutuskan segera menikah, hal ini tentu terkait kesiapan finansialnya.

“Saya berpesan terhadap pemuda yang sudah mampu melaksanakan nikah, maka nikahlah. Kadang rasa ketakutan muncul, khawatir tidak bisa memberikan nafkah. Tapi ingat pesan Rasulullah kalau menikah pasti akan diberikan jalan keluar dalam masalah rizki,” katanya.

Adapun mengenai syarat memilih jodoh, sah-sah saja memilih jodoh atas dasar kecantikan, keturunan, harta dan agama. Akan lebih baik kalau memiliki keempatnya. Namun jika diminta memilih, kita pilih jodoh yang baik agamanya,” ujarnya. (L/jnh/B03).

Mi’raj News Agency (MINA).

 

Wartawan: hadist

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.